Aksi Tolak Reklamasi, 4 Warga Pulau Lae-lae Makassar Ditangkap

Warga Lae-lae menolak kedatangan rombongan Pemprov

Makassar, IDN Times - Empat warga Pulau Lae-Lae, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, ditangkap polisi, Kamis pagi (15/6/2023). Mereka ditangkap saat menggelar aksi menolak rombongan pejabat Pemerintah Provinsi yang berencana mereklamasi kawasan pulau itu.

"Awalnya satu warga diamankan, sekarang sudah tiga orang yang diambil. Jadi semua total empat orang," kata pendmaping warga dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Mirayati Amin, saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel, Kamis.

Warga Lae-Lae bersama solidaritas mahasiswa dan aktivis tengah gencar menolak rencana reklamasi di lingkungan mereka. Ada rencana pulau terdekat dari Kota Makassar itu akan dihubungkan dengan kawasan reklamasi Center Point of Indonesia.1. Awalnya warga menolak tim Pemprov masuk Lae-Lae.

Baca Juga: Warga Pulau Lae-Lae Tolak Reklamasi, Pemerintah Nilai Mereka Tak Paham

1. Warga menolak kedatangan wakil Pemprov ke Lae-Lae

Aksi Tolak Reklamasi, 4 Warga Pulau Lae-lae Makassar DitangkapParade laut tolak reklamasi Pulau Lae-Lae dilakukan warga dan aktivis depan pantai Losari Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Mira mengatakan, seorang warga Lae-Lae ditangkap sekitar pukul delapan pagi. Saat itu warga pulau mengadang rombongan Pemprov masuk ke pulau menggunakan puluhan perahu.

"Tapi upaya itu mendapatkan perlawanan dalam bentuk penghadangan oleh puluhan kapal warga. Kapal tim Pemprov pun tidak mampu menuju ke Lae-lae, namun mereka menangkap satu warga bernama Harum dan di bawa ke Polairud," ucap Mira.

2. Tiga orang lainnya ditangkap di depan kantor polisi

Aksi Tolak Reklamasi, 4 Warga Pulau Lae-lae Makassar DitangkapIlustrasi borgol. Dok. IDN Times

Saat tahu satu orang ditangkap, warga Lae-Lae berunjuk rasa di depan dermaga Polairud, Jalan Pasar Ikan. Mereka menuntut rekannya dibebaskan. Namun bukannya tuntutan dipenuhi, polisi menangkap warga lain.

"Kita melakukan aksi respon cepat depan Polairud untuk membebaskan warga yang di tahan, tapi kemudian diambil lagi tiga warga. Itu lucunya, masa warga yang turut bersolidaritas ditangkap," ujar Mirayati.

3. Empat warga Lae-Lae dibawa ke Polrestabes

Aksi Tolak Reklamasi, 4 Warga Pulau Lae-lae Makassar DitangkapWarga Pulau Lae-Lae berunjuk rasa di depan Kantor Polair Polda Sulsel, Jalan Pasar Ikan Makassar, Kamis (15/6/2023). (IDN Times/Dahrul Amri)

Mira mengatakan, empat warga Pulau Lae-Lae yang ditangkap kini dibawa ke Kantor Polrestabes Makassar. Solidaritas warga pulau tengah mengawal mereka.

"Sekarang saya sudah di Polrestabes, ada juga teman-teman (aktivis) di sini," ucap Mira.

Belum ada pernyataan resmi polisi soal penangkapan warga Pulau Lae-Lae. Namun seorang perwitra di Polrestabes Makassar menyebut hanya ada tiga orang ditangkap.

"Hanya tiga orang saja, satu warga dan dua mahasiswa. Ada tadi satu orang tapi dia melarikan diri saat diamankan. Mereka tidak ditangkap, hanya dimintai keterangan saja," ujar polisi yang enggan disebutkan namanya.

Baca Juga: Parade Laut Warga dan Nelayan Tolak Reklamasi Pulau Lae-Lae Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya