Tak hanya Beras, Mentan Ajak Masyarakat Konsumsi Bassang dan Kapurung

Mentan menghadiri kegiatan Tani on Stage di Makassar

Makassar, IDN Times - Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hal itu disampaikan Syahrul pada saat menghadiri kegiatan Tani on Stage yang digelar Kementerian Pertanian di kawasan Monumen Mandala Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (15/12).

"Sehat menjadi sangat penting di manapun dan sehat itu hadir di sehat pikiran, sehat hati dan sehat tubuh. Tetapi nilai sehat itu diawali dengan sehat makanan." ujarnya.

1. Menjaga makanan sehat bukan hanya tugas pemerintah

Tak hanya Beras, Mentan Ajak Masyarakat Konsumsi Bassang dan KapurungIDN Times/Asrhawi Muin

Syahrul menambahkan, kegiatan Tani on Stage yang digelar secara bergiliran di seluruh provinsi ini, juga menjadi wadah untuk mengajak masyarakat agar memahami pentingnya pertanian dan selalu menjaga makanan sehat.

Sebab menurutnya menjaga makanan sehat itu tidak hanya menjadi tugas dari pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian, tetapi menjadi tugas dari seluruh masyarakat Indonesia.

"Oleh karena itu di seluruh ibu kota provinsi kami menggelar Tani on Stage untuk mengatakan bahwa ayo kita makan sehat, makan beras," ucap Syahrul.

Baca Juga: Terpilih Jadi Menteri Pertanian, Ini Rekam Jejak Syahrul Yasin Limpo

2. Makanan sehat tidak hanya beras

Tak hanya Beras, Mentan Ajak Masyarakat Konsumsi Bassang dan KapurungBeras fortifikasi yang diproduksi Perum Bulog. IDN Times/Aan Pranata

Selain itu, mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu juga menyebutkan bahwa makanan sehat bukan hanya diperoleh dari beras. Masih ada beragam jenis pangan lokal yang juga memiliki nilai gizi yang tak kalah dari beras.

"Kalau begitu tidak harus beras kan. Kita punya jagung, ubi, papeda, bassang, kapurung. Ini menjadi makanan-makanan khas Indonesia, khususnya menjadi bagian-bagian dari kehidupan bangsa," katanya.

3. Pertanian diharap jadi ikon Sulsel

Tak hanya Beras, Mentan Ajak Masyarakat Konsumsi Bassang dan KapurungIDN Times/Aan Pranata

Sementara itu, Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani yang turut mendampingi Mentan mengatakan, bahwa saat ini sektor pertanian menjadi salah satu sektor unggulan di Sulawesi Selatan.

Maka dari itu, terang Hayat, pemerintah berharap ke depannya sektor pertanian bisa menjadi ikon Sulawesi Selatan. Hayat mengatakan, selama ini pemprov lebih mengandalkan sektor pajak kendaraan untuk optimalisasi PAD.

"Kita akan bergeser salah satunya pada sektor pertanian. Untuk itu, menyediakan bibit unggul yang kuat serta pewilayahan komoditi di seluruh kabupaten-kota se-Sulawesi Selatan menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pertanian," kata Abdul Hayat.

Baca Juga: Mentan Syahrul Tunaikan Nazar di Makam Keluarga

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya