Comscore Tracker

Periode Kedua Jokowi, Gubernur Harap Proyek Nasional di Sulsel Selesai

Nurdin paling berharap proyek bendungan diselesaikan

Makassar, IDN Times - Joko "Jokowi" Widodo resmi dilantik untuk periode kedua sebagai Presiden RI. Bersama dengan KH Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden, keduanya dilantik di Gedung MPR RI, Minggu (20/10/2019) lalu.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah pun menyampaikan harapannya. Nurdin yakin Presiden Jokowi mampu menyelesaikan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sulsel yang belum sempat selesai pada periode pertama.

Keyakinan itu bukan tanpa alasan, sebab salah satu janji Presiden Jokowi adalah melanjutkan pembangunan infrastruktur dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) secara fokus dan tepat sasaran.

"Penegasan Presiden jelas pada pelantikan supaya betul-betul anggaran ini harus merangsang pertumbuhan," kata Nurdin Abdullah saat ditemui IDN Times di Hotel The Rinra Makassar, pada Selasa (22/10).

1. Sejumlah Proyek Strategis Nasional belum selesai pada periode pertama Jokowi

Periode Kedua Jokowi, Gubernur Harap Proyek Nasional di Sulsel SelesaiANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sejumlah proyek besar di Sulsel yang belum selesai di periode pertama Presiden Jokowi di antaranya adalah proyek kereta api Makassar-Parepare, pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Makassar, dan SPAM Regional Mamminasata. 

Selain itu, ada pula proyek pembangunan empat bendungan yaitu Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar, serta Bendungan Karalloe dan Bendungan Jenelata di Kabupaten Gowa.

2. Proyek bendungan paling diharapkan selesai

Periode Kedua Jokowi, Gubernur Harap Proyek Nasional di Sulsel SelesaiDok. Istimewa/WIjaya Karya (WIKA)

Nurdin mengatakan, salah satu proyek nasional di Sulsel yang paling diharapkan selesai pada periode kedua Presiden Jokowi adalah pembangunan bendungan. 

"Kita adalah penyangga pangan nasional. Kita sadar sampai hari ini irigasi kita yang orientasi pada waduk itu hanya 11 persen. Berarti rentan masalah pada saat kemarau panjang," ujar Nurdin.

Baca Juga: Pemerintah Provinsi Kebut Pembangunan Empat  Bendungan di Sulsel

3. Pengerjaan empat bendungan di Sulsel sedang dikebut

Periode Kedua Jokowi, Gubernur Harap Proyek Nasional di Sulsel SelesaiDok. Istimewa/WIjaya Karya (WIKA)

Saat ini, ada empat bendungan di Sulsel yang tengah dikebut pembangunannya. Nurdin berharap, pembangunan bendungan dapat selesai di periode kedua Presiden Jokowi agar bisa dimanfaatkan untuk irigasi persawahan.

"Kita mau semua waduk ini betul-betul sudah berfungsi untuk irigasi teknis persawahan. Jadi, kemarau seperti apa pun kita tetap akan produksi karena air tersedia. Presiden udah komitmen soal itu," tandasnya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Anggarkan Laptop untuk Seluruh Peserta UNBK Tahun 2020

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Just For You