Comscore Tracker

Gubernur Sulsel Siapkan Penjemputan Khusus 3 Warga Bulukumba di Natuna

Ketiganya masih menjalani observasi di Natuna

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) menyatakan tengah mempersiapkan kepulangan para warganya yang saat ini sedang berada di Natuna, Kepulauan Riau usai dievakusai dari Tiongkok menyusul merebaknya wabah virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV).

Pemprov akan menyiapkan penjemputan khusus bagi para warga Sulsel sebelum mereka tiba di rumah masing-masing. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyebutkan ada 3 warga asal Bulukumba yang bakal dipulangkan dalam waktu dekat.

"Jadi kemarin saya dengan Bupati Bulukumba sudah berkoordinasi, ada 3 warga Bulukumba yang ada di Natuna sekarang. Kami tadi pagi berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, kita mengantisipasi dan mempersiapkan kepulangan 3 warga kita," kata Nurdin Abdullah di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (5/2).

1. Pemprov akan memastikan tiga warga Sulsel dari Natuna pulang dalam keadaan sehat

Gubernur Sulsel Siapkan Penjemputan Khusus 3 Warga Bulukumba di NatunaIlustrasi. (WNI meninggalkan asrama di Kota Wuhan Tiongkok) Dokumentasi Kemlu

Nurdin juga mengatakan, pemprov akan memastikan para warga tersebut benar-benar sehat sebelum bertemu dengan keluarga masing-masing, utamanya mereka harus benar-benar bebas dari virus Corona.

"Nanti kalau sudah kita pastikan tidak ada masalah, ya tentu kita akan kembalikan ke keluarga," kata Nurdin.

Nurdin mengaku dirinya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mempersiapkan dan mengantisipasi kepulangan warga tersebut.

"Kita pastikan sekali lagi bahwa virus Corona itu tidak ada di mereka," katanya.

2. Pemprov belum memiliki data pasti terkait jumlah warganya di Natuna

Gubernur Sulsel Siapkan Penjemputan Khusus 3 Warga Bulukumba di NatunaPetugas medis menyemprotkan virus disinfektan ke ratusan WNI yang baru tiba dari Wuhan. (ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri)

Akan tetapi, hingga saat ini pemprov belum memiliki jumlah pasti berapa warga Sulsel yang tengah dievakuasi di Natuna. Hal itu juga diakui sendiri oleh Nurdin.

"Itu saya belum tahu pasti. Yang pasti itu dulu yang 3 sudah di Natuna," ucapnya.

Baca Juga: Mahasiswa Sulsel di Wuhan Senang dengan Rencana Evakuasi

3. Dinkes masih lakukan koordinasi dengan pihak terkait

Gubernur Sulsel Siapkan Penjemputan Khusus 3 Warga Bulukumba di NatunaANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI/mrh

DIkonfirmasi terpisah, Plt Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Ichsan Mustari mengatakan pihaknya masih sementara melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk rencana pemulangan 3 warga Sulsel itu.

"Kami sementara berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, mulai dari Angkasa Pura 1, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), rumah sakit, pihak keamanan dan dinas kabupaten," kata Ichsan Mustari.

4. 10 Mahasiswa asal Sulsel yang kuliah di Tiongkok negatif corona

Gubernur Sulsel Siapkan Penjemputan Khusus 3 Warga Bulukumba di NatunaDok. Kementrian Luar Negeri

Sebelumnya diberitakan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar memastikan 10 mahasiswa asal Sulawesi Selatan yang baru-baru ini kembali dari Tiongkok dinyatakan negatif virus corona.

Mereka termasuk dalam rombongan mahasiswa asal berbagai daerah lain di Indonesia yang dipulangkan pemerintah Indonesia. Mereka berhasil dievakuasi setelah sempat tertahan di Tiongkok selama beberapa pekan.

"(Sebanyak) 10 dari Tiongkok tidak ada masalah. Tidak ada gejala apa-apa. Aman-aman saja, dan bukan dari daerah terjangkit. Sekarang dalam pemantauan dan tidak ada masalah," kata Kepala KKP Kelas 1 Makassar Darmawali Handoko, di Makassar, Sulsesl, Senin (3/2).

Baca Juga: Terkendala Ongkos Pulang, Mahasiswa Asal Sulsel Tertahan di Tiongkok  

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya