Comscore Tracker

Gubernur Nurdin Target APBD Sulsel Tahun 2020 Sebesar Rp10,79 Triliun

Pemerintah fokus peningkatan kualitas SDM

Makassar, IDN Times - Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Tahun Anggaran 2020 masih terus digodok Pemprov dan DPRD Sulsel. Anggaran tersebut ditargetkan mencapai angka Rp10,79 triliun.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam rapat paripurna terkait agenda pembahasan Nota Keuangan Ranperda APBD 2020 di Gedung DPRD Sulsel, Selasa (12/11).

"Total keseluruhan target RAPBD Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2020 adalah sebesar Rp 10,79 triliun," kata Nurdin Abdullah.

Nurdin juga menyebutkan bahwa target APBD tahun 2020 mengalami peningkatan sebsar 5,48 persen dibandingkan dengan target APBD tahun 2019 lalu.  

1. Target belanja tidak langsung sebesar Rp7,54 triliun

Gubernur Nurdin Target APBD Sulsel Tahun 2020 Sebesar Rp10,79 TriliunIDN Times/Asrhawi Muin

Pemprov Sulsel merencanakan target belanja tidak langsung sebesar Rp7,54 triliun yang terdiri dari belanja pegawai sebesar Rp 3,36 triliun, belanja hibah sebesar Rp1,64 triliun yang sebagian besar dialokasikan untuk dana belanja operasional sekolah, bantuan sosial sebesar Rp1,42 miliar, bagi hasil sebesar Rp 1,81 triliun, bantuan keuangan kepada pemerintah kabupaten/kota dan parpol sebesar Rp696 miliar, serta belanja tidak terduga sebesar Rp20 miliar.

"Meningkatnya komposisi belanja tidak langsung ini jika dibanding APBD tahun-tahun sebelumnya disebabkan oleh peningkatan bantuan keuangan kepada pemerintah kabupaten/kota, yakni dari Rp30 miliar pada tahun 2018 menjadi Rp378 miliar pada tahun ini. Dan meningkat lagi menjadi Rp500 miliar pada tahun 2020 yang akan datang," sebut Nurdin.

Sementara belanja langsung ditargetkan sebesar Rp3,15 triliun. Selain untuk mengakomodir mandatory spending pendidikan yang mencapai 41,59 persen dalam RAPBD ini, di sisi lain juga diarahkan untuk optimasi pelayanan dasar yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi.

2. Peningkatan kualitas SDM jadi fokus pembangunan tahun 2020

Gubernur Nurdin Target APBD Sulsel Tahun 2020 Sebesar Rp10,79 Triliun(Ilustrasi tenaga kerja) ANTARA FOTO/Siswowidodo

Nurdin juga menjelaskan, fokus pembangunan untuk APBD 2020 mendatang akan diarahkan pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar terwujud pertumbuhan Sulawesi Selatan yang inklusif.

Hal ini berdasarkan kebijakan pembangunan yang tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023 yang dijabarkan ke dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020.

"Oleh karena itu, secara umum, muatan dalam RAPBD 2020 ini tetap menitikberatkan pada apa yang tertuang dalam RKPD Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020, dan tetap mempertimbangkan dinamisasi perkembangan lingkungan strategis Sulawesi Selatan pada khususnya," katanya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Beri Rp100 Juta Tiap Daerah untuk Berantas Stunting

3. Pembangunan infrastruktur tetap jadi prioritas khusus

Gubernur Nurdin Target APBD Sulsel Tahun 2020 Sebesar Rp10,79 TriliunIDN Times/Arief Rahmat

Meski demikian, pembangunan infrastruktur tetap akan menjadi prioritas khusus, utamanya jalan dan jembatan di daerah terisolir. Selain itu, akses ke kawasan produksi dan kawasan strategis lainnya, utamanya daerah destinasi wisata, serta peningkatan jaringan irigasi teknis yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi juga akan menjadi fokus perhatian pemerintah.

"Kita berharap agar dengan kebijakan ini memiliki dampak multiplayer guna mendorong akselerasi antar sektor pembangunan, khususnya untuk sektor pertanian. Kita berharap Sulawesi Selatan menjadi daerah mandiri benih. Bahkan mimpi kita ke depan akan menjadi penyangga benih khusus untuk kawasan Timur Indonesia," kata Nurdin.

Baca Juga: Tegaskan Keluarga Tak Terlibat Proyek, Nurdin Abdullah: Lillahi Ta'ala

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Just For You