Usulan Desain Elevated Kereta Api Makassar Tunggu Reviu Pusat

Danny usul rel kereta di Makassar dibuat melayang

Makassar, IDN Times - Usulan desain kereta api melayang atau elevated yang diusulkan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto telah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Namun usulan tersebut masih akan dibahas lebih lanjut.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sendiri masih menunggu hasil reviu pemerintah pusat terkait usulan tersebut. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, Kawasan dan Pertanahan, Iqbal Suhaeb, usai rapat bersama Kementerian Perhubungan dan Kementerian Bidang Perekonomian, secara virtual di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (2/6/2022).

"Kemenhub menerima masukan wali kota untuk elevated. Cuma memang untuk anggaran elevated ini masih sementara dibicarakan Kementerian Keuangan sehingga khusus untuk Makassar akan ada review apakah yang tadinya at grade (darat) menjadi elevated," ujar Iqbal.

1. Usulan elevated masih akan dibahas

Usulan Desain Elevated Kereta Api Makassar Tunggu Reviu PusatRel Kereta Api Trans Sulawesi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Iqbal berpandangan, apapun hasil reviu nanti tidak akan mempengaruhi proses pekerjaan lainnya. Di segmen E, hanya Makassar yang perencanaanya harus diperbaiki ulang karena adanya usulan desain elevated, sedangkan Maros sudah tidak ada kendala.

"Itu kami akan menunggu review dari Balai Kereta dari Kementerian Perhubungan," ucapnya.

Menurut Iqbal, usulan tersebut akan dibahas Kementerian Perhubungan, Bappenas dan Kementerian Keuangan mengenai anggarannya. 

"Setelah disetujui perencanaan dan anggarannya, baru dimasukkan ke kita untuk pengadaan lahannya. Khusus untuk elevated sampai saat ini belum, masih menunggu review. Yang Maros tidak," katanya.

2. SK penetapan lokasi belum ditetapkan

Usulan Desain Elevated Kereta Api Makassar Tunggu Reviu PusatIlustrasi Infrastruktur (Kereta). IDN Times/Arief Rahmat

Tahapan pengerjaan proyek Kereta Api Makassar-Parepare telah memasuki pembebasan lahan untuk Segmen E (Makassar-Maros). Namun belum ada SK penetapan lokasi (penlok) untuk segmen tersebut.  

Iqbal menegaskan bahwa ada dua opsi untuk SK penlok Segmen E yaitu pemisahan SK penlok antara Makassar dan Maros atau SK penlok tetap disatukan. 

Dia mengatakan SK penlok, khusus di Makassar akan bergantung dari hasil review. SK penlok masih berpeluang untuk diubah setelah direview.

"Yang wilayah Makassar sangat tergantung dari review pelaksanaan yang baru. Apakah cepat keluarnya," katanya.

Baca Juga: Masih Ada Warga Makassar Tolak Lahannya Dibangun Rel Kereta

3. Danny usul desain kereta api elevated

Usulan Desain Elevated Kereta Api Makassar Tunggu Reviu PusatIlustrasi kereta api / IDN Times

Sebelumnya, Danny' Pomanto mengusulkan agar pembangunan kereta api Makassar Parepare yang melintasi wilayahnya dibuat melayang atau elevated. Usulannya itu dia sampaikan secara langsung di hadapan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat acara peresmian rumah sakit PIP Kampus Utama PIP Makassar Jalan Tentara Pelajar, Jumat (27/5/2022).

"Memang yang saya lihat di desain adalah at grade, kebetulan di situ ada 2.000 hektar kawasan reklamasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian PUPR untuk menjadi kawasan kota tingkat I dengan pengembangan kita baru. Sayang kan kota baru itu akan putus kalau tidak elevated," kata Danny dalam sambutannya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menanggapi positif usulan Danny itu. Dia mengaku sulit menolak usulan tersebut. Meski begitu, usulan Danny itu akan dikoordinasikan juga dengan Kementerian Keuangan. 

"Saya katakan sulit untuk menolak permintaan Pak Wali Kota. Tapi karena ini kewenangan Kementerian Keuangan, saya akan usulkan. Tapi kalau usulan Pak Wali biasanya oke punya," katanya.

Baca Juga: Menhub Cek Langsung Proyek Rel Kereta Makassar-Parepare

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya