Comscore Tracker

Uji Coba Program Makassar Recover Telan Anggaran Rp50,2 Miliar 

Proyeksi total anggaran sebesar Rp380 miliar

Makassar, IDN Times - Progam Pemkot Makassar dalam penanganan pandemik COVID-19, yaitu Makassar Recover, masih dalam tahap uji coba. Sejauh ini, program itu telah menelan anggaran Rp50,2 miliar per 17 Maret - 3 Mei 2021. 

Juru Bicara Tim Makassar Recover, Indira Mulyasari menyatakan anggaran untuk uji coba tahap awal itu telah digunakan untuk belanja barang, belanja jasa, dan dukungan anggaran kepada pihak-pihak yang terkait dengan program ini.

"Dibelanjakan untuk kebutuhan awal seperti vaksinator, detektor, peralatan kedokteran. Ada juga alat dan peralatan komputer, termasuk kontainer setiap kecamatan," kata Indira, saat konferensi pers di rumah makan Wong Solo, Jumat (7/5/2021).

1. Anggaran juga digunakan untuk pihak yang menyukseskan program

Uji Coba Program Makassar Recover Telan Anggaran Rp50,2 Miliar Satpol PP Kota Makassar sidak pelanggar PSBB di Makassar. IDN Times/Satpol PP Makassar

Anggaran juga digunakan kepada pihak-pihak yang turut ambil bagian menyukseskan Makassar Recover. Pihak yang dimaksud antara lain Satgas Pengurai Kerumunan (Rafika) yang terdiri dari Satpol PP, Binmas, Babinsa dan aparat TNI-Polri.

Pihak lainnya yaitu tenaga medis yang berasal dari berbagai organisasi profesi. Mereka dari Persatuan Perawatan Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Dokter Paru Indonesia.

Indira mengatakan, pihaknya memberikan anggaran dukungan dalam rangka penanganan COVID-19 dan program Makassar Recover.

"Jadi semua ini adalah belanja jasa, belanja barang, dan hal-hal yang diperlukan dalam tahap awal uji coba Makassar Recover," ujarnya.

2. Total anggaran diprediksi Rp380 miliar

Uji Coba Program Makassar Recover Telan Anggaran Rp50,2 Miliar Ilustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat

Adapun total anggaran program Makassar Recover diproyeksikan sebesar Rp380 miliar. Tapi, kata Indira, jumlah tersebut sewaktu-waktu bisa berubah tergantung pada situasi dan kondisi COVID-19 di Makassar.

"Tapi kalau kita lihat keadaan, ini bisa saja kurang dari itu karena kita lihat Makassar sudah menurun angka kasusnya," jelasnya.

Baca Juga: Danny Pomanto Minta Semua OPD Sukseskan Makassar Recover

3. Program inti akan segera dijalankan

Uji Coba Program Makassar Recover Telan Anggaran Rp50,2 Miliar Relawan Makassar Recover menjalani tes GeNose dan PCR di Lapangan Karebosi, Jumat (30/4/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Juru Bicara Tim Makassar Recover lainnya, Maqbul Halim, menyampaikan kegiatan apa saja yang sudah berjalan selama tahap uji coba. Di antaranya adalah testing, tracing, dan triase. 

Untuk program utama, kata Maqbul, rencananya akan dimulai secara serentak dalam waktu dekat. Namun dia tidak menjelaskan secara rinci apa program inti dimaksud.

"Program inti Makassar Recover akan segera berjalan, tidak lama setelah Idulfitri," pungkas Maqbul.

Baca Juga: 15 Ribu Relawan Makassar Recover Bertahap Jalani Tes GeNose dan PCR

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya