Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Rampung, Tunggu Diresmikan Jokowi

Peresmian Tol Layang Pettarani beberapa kali tertunda

Makassar, IDN Times - Project Manajer PT Wijaya Karya Beton TBK, Didi Rustadi, mengatakan bahwa pengerjaan proyek Tol Layang Pettarani di Makassar, Sulawesi Selatan, saat ini sudah 100 persen selesai. 

"Tol Layang AP Pettarani sudah selesai 100 persen sejak September tahun lalu," kata Didi saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (2/2/2021).

Saat ini, kata Didi, pihaknya sedang mengerjakan perbaikan jalan arteri sesuai dengan ketentuan dari Balai Besar Jalan dan Jembatan Sulawesi Selatan.

"Insyaallah akhir Maret mendatang sudah selesai semuanya," katanya.

1. Peresmian Tol Layang Pettarani terus tertunda

Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Rampung, Tunggu Diresmikan JokowiProyek tol layang AP Pettarani Makassar. pu.go.id

Meskipun sudah rampung 100 persen, namun tol layang tersebut hingga kini belum juga diresmikan. Padahal rencana peresmian tol tersebut sudah digaungkan sejak Oktober 2020 lalu.

Tol Layang Pettarani saat itu diharapkan akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Agenda itu direncanakan bersamaan dengan peresmian Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja, groundbreaking gedung Twin Tower Makassar, dan Stadion Mattoanging. 

Pemprov Sulsel sudah beberapa kali mengumumkan soal rencana kedatangan Presiden untuk meresmikan jalan tersebut. Tapi beberapa kali pula, rencana tersebut batal dan saat ini belum ada informasi lebih lanjut.

2. Belum ada jadwal peresmian

Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Rampung, Tunggu Diresmikan JokowiProyek tol layang AP Pettarani Makassar. Humas Pemprov Sulsel

Direktur Utama PT Bosowa Marga Nusantara, Anwar Toha, mengatakan pihaknya juga belum menerima jadwal peresmian untuk megaproyek Tol Layang Pettarani. Jadwal ataupun mekanisme peresmian tol layang tersebut, ujar dia, hingga kini belum diketahui.

"Belum ada (rencana peresmian). Sampai hari ini belum ada dari Pak Gub atapun dari Pak Presiden, belum ada sama sekali," kata dia via telepon.

Menurutnya, jadwal peresmian tol layang tersebut ditentukan oleh agenda Presiden Jokowi. Namun sejauh ini, pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut.

"Kita belum dapat petunjuk dari Menteri PUPR, apakah Pak Presiden mau langsung datang ataukah hanya disaksikan oleh DPRD atau Pak Gubernur dan Pak Menteri.  kita masih nunggu arahan," kata Anwar.

Baca Juga: Tol Layang Pettarani Makassar Hampir Rampung, Tersisa Pengerjaan Minor

3. Pengerjaan jalan arteri sudah 89 persen

Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Rampung, Tunggu Diresmikan JokowiPeninjauan tol layang Pettarani Makassar, Rabu (9/9/2020). IDN Times/Istimewa

Senada dengan yang disampaikan Didi, Anwar juga menyebutkan bahwa pengerjaan Tol Layang Pettarani sudah rampung 100 persen. Khusus untuk bagian bawah atau jalan arteri, pengerjaannya sudah 89 persen. 

"Tinggal pedestarian saja, makanya tinggal 89 (persen). Kalau pedestarian itu tidak masalahlah. Tidak ada masalah kalau soal peresmian, asal sudah selesai bagian atas," kata Anwar.

Anwar mengatakan pengerjaan untuk jalan arteri ditargetkan selesai pada akhir Februari 2021 mendatang. Namun dia mengaku ada beberapa kendala dalam pengerjaannya seperti hujan yang menggangu pengaspalan. Tapi secara kasat mata tidak ada lagi kemacetan.

"Sudah siap semua itu yang bagian atas. Tapi belum ada koordinasi dari Pak Gub. Tentu kalau ada informasi pasti diinfokan ke kita," katanya.

Baca Juga: Warga Keluhkan Kemacetan Setiap Hari di Jalan Pettarani Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya