Comscore Tracker

Sulsel Segera Suntikkan Lima Ribu Vaksin Moderna untuk Umum

Untuk warga Sulsel yang belum pernah divaksin

Makassar, IDN Times - Warga Sulawesi Selatan segera mendapat suntikan vaksin COVID-19 merek Moderna ini pekan ini. Mereka yang divaksinasi Moderna adalah warga yang sama sekali belum menerima vaksin jenis lain, baik dosis pertama maupun dua.

Koordinator Posko dan Kesekretariatan Satgas COVID-19 Sulsel dr Arman Bausat mengatakan Sulsel telah menerima 5.600 vial vaksin Moderna yang ditujukan untuk masyarakat umum. Vaksin itu sudah didistribusikan ke kabupaten/kota.

"Pak Gubernur sudah perintahkan kami untuk segera menggunakan dan distribusikan. Kan pasti akan dikirim ke kabupaten/kota. Tinggal kita lagi yang mau gunakan," kata Arman, Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Sulsel Siapkan 5 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk Umum

1. Warga mendaftar secara online

Sulsel Segera Suntikkan Lima Ribu Vaksin Moderna untuk UmumVaksin Moderna yang digunakan sebagai Vaksin Booster bagi Tenaga Kesehatan. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Arman menerangkan saat ini tim mulai mempersiapkan perangkat lunak untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Moderna di lapangan. Pasalnya, masyarakat akan mendaftar secara online.

Arman menyebut masyarakat yang mendaftar secara online untuk menghindari adanya orang yang mencari vaksin booster. Hal itu bisa terlihat ketika mereka memasukkan NIK sehingga pemanfaatannya tepat sasaran.

"Kalau dia sudah pernah, dia datang mengaku belum pernah divaksin, pada waktu diinput KK-nya di aplikasi, memang langsung ketahuan sudah pernah atau belum pernah," kata Arman.

2. Masyarakat bisa pilih Moderna atau Sinovac

Sulsel Segera Suntikkan Lima Ribu Vaksin Moderna untuk UmumDetail botol berisi vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Arman mengatakan pemerintah memang mengizinkan vaksinasi Moderna untuk masyarakat umum dengan memperhatikan beberapa persyaratan. Salah satunya diberikan pada masyarakat yang belum pernah divaksinasi.

Tapi vaksin Moderna bukan menjadi satu-satunya pilihan. Karena di sisi lain Sulsel juga masih mempunyai stok vaksin Sinovac yang selama ini digunakan.

"Kalau yang belum divaksin, dia bisa memilih Moderna atau Sinovac," katanya.

3. Pemprov telah sosialisasi efek Moderna

Sulsel Segera Suntikkan Lima Ribu Vaksin Moderna untuk UmumIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Arman menjelaskan pihaknya juga telah menggelar sosialisasi terkait vaksin Moderna ke masyarakat umum. Hal itu karena bisa saja vaksin Moderna memberikan efek samping.

Informasi soal efek samping itu, kata dia, bisa juga didapatkan setelah warga mendaftar secara online. Informasi pendaftaran online nantinya akan disebar melalu flyer.

"Jadi kalau dia mendaftar online dia pasti langsung dapat jawaban, jadi bisa langsung lihat apa efek samping. Olahraga apa yang harus dihindari, olahraga apa yang bisa dilakukan selama tujuh hari pertama setelah divaksin," katanya.

Baca Juga: BoR COVID-19 Sulsel 38 Persen, Penggunaan ICU Menurun

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya