Sulsel Belum Dapat Kuota Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Vaksinasi lansia masih belum mencapai target

Makassar, IDN Times - Provinsi Sulawesi Selatan belum termasuk penerima vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Hal ini karena capaian vaksinasi COVID-19 untuk lansia belum mencapai target.

Capaian vaksinasi umum dosis satu di Sulsel memang sudah melewati target 70 persen. Namun capaian vaksinasi lansia masih berkisar 50 persen.

"Karena ada  syaratnya. Di samping syarat 70 persen dosis satu, harus disertai (capaian) 60 persen vaksin lansia," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat, Selasa (4/1/2022).

Baca Juga: 14 Daerah di Sulsel Belum Capai Target Vaksinasi

1. Capaian vaksinasi lansia masih 53,69 persen

Sulsel Belum Dapat Kuota Vaksinasi Anak 6-11 TahunIlustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Sulsel pada 3 Januari 2022, capaian vaksinasi dosis satu telah mencapai 72,04 persen dan 41,09 persen untuk dosis dua. Sedangkan untuk vaksinasi lansia masih mencapai 53,69 persen dosis satu dan 22,37 persen dosis dua.

"Alasan itulah yang dijadikan pemerintah untuk tidak mendrop vaksinasi anak di Sulsel," kata Arman.

2. Capaian vaksinasi remaja cukup tinggi

Sulsel Belum Dapat Kuota Vaksinasi Anak 6-11 TahunIlustrasi vaksinasi COVID-19 (Antara FOTO)

Untuk vaksinasi remaja usia 12-18 tahun, kata Arman, capaiannya cukup tinggi yaitu 80 persen untuk dosis pertama. Dengan begitu, hal ini juga menjadi acuan terus dilaksanakannya pembelajaran tatap muka.

Meski begitu, pelaksanaan PTM tetap akan terus dievaluasi mengingat kondisi yang tidak menentu ini. 

"Ini kan kebijakan pastilah berubah setiap saat tergantung perkembangan kasus dan capaian vaksinasi di masing-masing provinsi," kata Arman.

3. Vaksinasi 100 persen ditarget pada Maret 2022

Sulsel Belum Dapat Kuota Vaksinasi Anak 6-11 TahunIlustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Untuk saat ini, Pemprov Sulsel masih akan fokus pada vaksinasi masyarakat umum dan lansia. Dia menyatakan capaian vaksinasi 100 persen ditargetkan tercapai di bulan Maret 2022.

Strategi pemprov masih sama dengan sebelumnya yaitu menggenjot vaksinasi khususnya di daerah dengan mengerahkan mobile vaccinator maupun membuat gerai vaksinasi. 

"Jadi tahun ini kita kejar target sampai akhir Maret itu target 100 persen vaksin dosis satu, 60 persen dosis dua dan mungkin juga untuk lansia," katanya.

Baca Juga: Stok Vaksin Pfizer di Sulsel Menipis, Warga Kesulitan Dosis Kedua

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya