Sulsel Belum Bisa Vaksinasi Anak Usia 6-17 Tahun

Capaian vaksinasi dosis pertama dan vaksinasi lansia rendah

Makassar, IDN Times - Vaksinasi anak usia 6-11 tahun belum bisa dilaksanakan di Sulawesi Selatan. Sebab capaian vaksinasi dosis pertama dan lansia di daerah ini belum memenuhi target.

Menurut data Satgas Penanganan COVID-19 Sulsel hingga Minggu, 12 Desember 2022, capaian vaksinasi dosis pertama masih mencapai 53,63 persen, sedangkan vaksinasi lansia baru mencapai 30,68 persen. Padahal Kemenkes menyatakan vaksinasi anak usia 6 -11 tahun bisa dilaksanakan jika vaksinasi dosis pertama mencapai 70 persen dan vaksinasi lansia 60 persen.

"Alasan itulah yang dijadikan pemerintah untuk tidak mendrop vaksinasi anak di Sulsel. Karena pemerintah berpikir mending urus dulu vaksinasi yang umum dan lansia," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat, Rabu (15/12/2021).

Baca Juga: Sekolah di Sulsel Tidak Libur Akhir Semester saat Nataru

1. Sulsel fokus selesaikan vaksinasi umum dan lansia

Sulsel Belum Bisa Vaksinasi Anak Usia 6-17 TahunIlustrasi Vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Aditya Pratama)

Saat ini vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun mulai dilaksanakan di sejumlah provinsi yang capaian vaksinasinya telah memenuhi target. Arman pun berharap Sulsel juga bisa segera memulai vaksinasi anak.

"Dengan belum berjalannya vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun itu pasti otomatis pembelajaran tatap muka masih tetap dikurangi presentasinya," ujarnya.

Dia menegaskan bahwa vaksinasi sangat membantu pencegahan dan penanggulangan COVID-19. Maka dari itu, pemerintah terus mengejar target vaksinasi. 

"Tapi memang kita juga tidak bisa pungkiri bahwasannya lebih baik kita fokus selesaikan vaksinasi dosis satu dengan lansia. Kita takutkan kalau dikasih vaksinasi anak, kita jadi lupa vaksin dosis satu dan lansia," kata Arman.

2. Vaksinasi di pedesaan digenjot

Sulsel Belum Bisa Vaksinasi Anak Usia 6-17 TahunMobile Vaccinator Pemprov Sulsel. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Untuk saat ini, Sulsel masih akan fokus untuk menggenjot vaksinasi untuk umum dan lansia. Vaksinasi akan digenjot khususnya di daerah pelosok dan pedesaan.

Arman mengatakan antusiasme masyarakat di desa untuk mengikuti vaksinasi mulai terlihat. Ribuan vaksinator telah diturunkan untuk menggenjot capaian vaksinasi.

"Sekarang ini betul-betul program vaksinasi jalan terus. Mobil vaksinator sudah tidak ada di kota. Semua berkeliaran di desa. Geliat vaksinasi di daerah sekarang bagus sekali cuma terlambat start," ujar Arman.

3. Target vaksinasi 70 persen di akhir 2021

Sulsel Belum Bisa Vaksinasi Anak Usia 6-17 TahunIlustrasi petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Vaksinasi di Sulsel dimulai awal tahun 2021. Arman mengakui capaian vaksinasi saat ini memang masih rendah dan tidak mungkin mencapai target 100 persen di akhir tahun ini.

Kendati demikian, Dinkes akan menggenjot vaksinasi setidaknya bisa mencapai 70 persen.

"Bagaimana kita mencapai target 70 persen akhir tahun. Mudah-mudahan walaupun agak berat. Ada grafik untuk lihat progresivitasnya. Kita mulai sangat progresif cuma itu tadi start awal agak lambat," kata Arman.

Baca Juga: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Dimulai, Ada 227 Ribu Sasaran

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya