Sudirman Instruksikan Pemda di Sulsel Percepat Vaksinasi COVID-19

Salah satunya perbanyak vaksinasi drive thru

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus berupaya mempercepat realisasi vaksinasi COVID-19. Terbaru, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menerbitkan surat edaran tentang akselerasi pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.

Instruksi itu bertujuan untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi tahap dua yang kini tengah berlangsung. Pada tahap kedua, vaksinasi menyasar pekerja pelayanan publik.

"Mari dukung upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona. Ayo, kita lakukan vaksin," kata Sudirman, Kamis 18 Maret 2021.

1. Ada tujuh poin yang diinstruksikan Pemprov Sulsel

Sudirman Instruksikan Pemda di Sulsel Percepat Vaksinasi COVID-19Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi COVID-19 massal di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3/2021). Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Ada tujuh poin yang dituliskan dalam surat edaran tersebut. Pertama, akselerasi vaksinasi massal dilaksanakan di semua kabupaten/kota di Sulsel mulai 18 Maret 2021 sampai selesai.

Kedua, akselerasi vaksinasi massal tersebut diberikan kepada guru/dosen, lansia, TNI, Polri, DPRD, pejabat daerah, pedagang pasar, pariwisata, sopir, ojek, taksi dan petugas pelayan publik lainnya. Ketiga, dapat dilakukan di dalam maupun luar ruangan dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan, aula gedung, lapangan dan lain-lain. 

Keempat, melakukan sosialisasi vaksinasi massif dan layanan konsultasi vaksin untuk mendukung akselerasi pelaksanaan vaksin COVID-19. Kelima, membuat inovasi layanan vaksinasi seperti layanan drive thru, mobile vaksinasi, door to door dan inovasi layanan lainnya.

Keenam, akselerasi vaksinasi massal dilaksanakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan. 

Ketujuh, melaporkan hasil akselerasi vaksinasi massal harian kepada dinas kesehatan provinsi sebagai bahan evaluasi pelaksanaan vaksinasi dan progres pencapaian target.

2. Percepatan diperlukan untuk menekan penyebaran COVID-19

Sudirman Instruksikan Pemda di Sulsel Percepat Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Vaksin. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Menurut Sudirman, vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu langkah untuk menekan penyebaran virus Corona. Dia berharap, pelaksanaan vaksinasi untuk pelayan publik bisa berjalan lancar dan bisa mencapai target.

Edaran itu, kata dia, ditujukan untuk bupati dan wali kota serta segenap pimpinan instansi vertikal se-Sulsel. Mereka diminta mempercepat pencapaian target pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Sulawesi Selatan. 

"Khususnya, bagi pelayanan publik dan lansia. Maka perlu dilakukan akselerasi pemberian vaksinasi massal di setiap kabupaten/kota di lingkup Provinsi Sulawesi Selatan," katanya.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi di Sulsel, Jokowi Harapkan Semua Guru Divaksinasi

3. Vaksinasi nakes sudah melebihi target

Sudirman Instruksikan Pemda di Sulsel Percepat Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Meski vaksinasi tahap kedua sudah berjalan dengan realisasi 9 persen, namun vaksinasi tahap pertama yang diperuntukkan bagi nakes juga masih sementara berlangsung. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel, Nurul AR, pada Jumat (18/3/2021) mengatakan realisasi vaksinasi nakes di Sulsel sudah melebihi target.

“Vaksinasi nakes kita sudah melebihi target. Sebanyak 59.059 SDM kesehatan yang sudah menjalani vaksinasi dari 58.858 sasaran,” kata Nurul.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Kunjungi Festival Smart Vaksinasi di Makassar 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya