Sekolah Athirah Makassar Tak Libur usai Seorang Siswa Tewas Terjatuh

Korban jatuh dari lantai 8 Sekolah Islam Athirah Makassar

Makassar, IDN Times - Usai insiden tewasnya seorang siswa, aktivitas belajar mengajar di Sekolah Islam Athirah Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), tetap berjalan seperti biasanya. Sekolah tidak meliburkan siswanya.

Namun pihak sekolah mengadakan kegiatan khataman Alquran, zikir dan doa bersama oleh guru, karyawan serta siswa. Hal ini sebagai bentuk dukacita terhadap kepergian almarhum Basman Nafa Yaskura.

"Sudah berlangsung selama dua hari ini," kata Corporate Communication Departement Head Kalla Group, Dia Zaddiah Rustham, Jumat (26/5/2023).

1. Pihak sekolah serahkan penyelidikan kepada polisi

Sekolah Athirah Makassar Tak Libur usai Seorang Siswa Tewas TerjatuhSMA Islam Athirah 1 Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Lebih lanjut, pihak sekolah menyerahkan kasus ini untuk diselidiki pihak kepolisian guna mendapatkan petunjuk terkait kronologi dan motif kejadian. Pasca kejadian ini, pihak sekolah terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk keperluan penyelidikan.

Sementara di sisi lain, polisi telah menyimpulkan bahwa siswa tersebut sebagai korban bunuh diri. Terkait hal ini, pihak sekolah enggan menanggapi lebih jauh dan tetap menyerahkan penyelidikan ke polisi.

"Kami serahkan semuanya ke kepolisian untuk menyimpulkan dari saksi-saksi dan barang bukti," kata Dia.

2. Sekolah akan tingkatkan keamanan

Sekolah Athirah Makassar Tak Libur usai Seorang Siswa Tewas TerjatuhSuasana SMA Islam Athirah 1 Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya korban diduga tewas usai terjatuh dari lantai 8 sekolah di Jalan Kajaolalido. Kemudian, polisi menyimpulkan bahwa korban tewas karena bunuh diri berdasarkan keterangan saksi dan rekaman CCTV.

Namun terlepas dari itu semua, pihak sekolah akan mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang. Setidaknya, pihak sekolah akan meningkatkan sistem keamanan.

"Sistem keselamatan dan keamanan gedung kita akan tingkatkan. Sekarang kami sedang lakukan perencanaan dan dibantu langsung oleh ahli K3 dari KALLA," kata Dia.

Baca Juga: Polisi Periksa 4 Saksi Kasus Siswa Sekolah Athirah Makassar Tewas

3. Almarhum dikenal sebagai siswa berprestasi

Sekolah Athirah Makassar Tak Libur usai Seorang Siswa Tewas TerjatuhSuasana SMA Islam Athirah 1 Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Basman Nafa Yaskura ditemukan meninggal dunia sekitar pukul 09.39 WITA pada Rabu 24 Mei 2023 di lapangan Sekolah Islam Athirah di Jalan Kajaolalido Makassar. Jenazah korban sempat dibawa ke RS Akademis namun pihak keluarga meminta agar jenazah dibawa ke RS Bhayangkara untuk diautopsi.

Basman merupakan putra seorang pejabat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Ayah Basman bernama Benny Nurdin Yusuf, kini menjabat Kepala Subdirektorat Prasarana Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubda) di Jakarta.
Semasa hidup, almarhum dikenal sebagai pribadi polos yang memiliki segudang prestasi.

"Baik ini anak, dia pintar tapi karakternya polos sama dengan bapaknya. Dia pernah juara satu lomba matematika pada tingkat nasional, masih anak-anak kemarin," ujar salah seorang kerabat kepada wartawan.

Baca Juga: Polisi Simpulkan Siswa SMP Athirah Makassar Tewas Bunuh Diri

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya