Comscore Tracker

Rapat Paripurna DPRD Usulkan Sudirman jadi Gubernur Sulsel Definitif

DPRD Sulsel juga mengesahkan pemberhentian Nurdin Abdullah

Makassar, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar rapat paripurna pengesahan pemberhentian Nurdin Abdullah sebagai Gubernur Sulsel masa jabatan tahun 2018-2023, dan penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur.

Dalam rapat paripurna tersebut, DPRD Sulsel juga menyampaikan pengumuman pengusulan pengesahan pengangkatan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menjadi Gubernur Sulsel masa jabatan tahun 2018-2023. Rapat paripurna ini berlangsung di Gedung DPRD Sulsel, Senin (24/1/2022).

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pihaknya telah menerima Keppres terkait pemberhentian Nurdin Abdullah sebagai Gubernur Sulsel. Kini, DPRD menindaklanjuti Keppres tersebut melalui rapat paripurna.

"Kami di DPRD Sulsel langsung menindaklanjuti sesuai mekanisme dewan melalui rapat fraksi, pimpinan alat kelengkapan dewan dan melaksanakan rapat Bamus," sebutnya.

1. Mekanisme pemberhentian dan pengangkatan gubernur

Rapat Paripurna DPRD Usulkan Sudirman jadi Gubernur Sulsel DefinitifHumas Pemprov Sulsel

Rapat paripurna DPRD Sulsel hari ini digelar berdasarkan aturan pada Pasal 173 UU Nomor 10 Tahun 2016, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Daerah. Dalam ayat 1 dijelaskan bahwa gubernur, bupati dan wali kota berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri atau diberhentikan. Maka wakil gubernur, wakil bupati, dan wakil wali kota mengantikan gubernur, bupati dan wali kota.

Pada ayat 2 disebutkan, DPRD provinsi menyampaikan usulan pengesahan wakil gubernur menjadi gubernur sebagaimana yang dijelaskan pada ayat 1 kepada presiden melalui menteri untuk disahkan pengangkatannya sebagai gubernur.

Pada ayat 3 disebutkan bahwa jika DPRD Provinsi tidak menyampaikan usulan sebagaimana dimaksud pada ayat 2, dalam waktu 10 hari kerja terhitung sejak gubernur berhenti, maka presiden berdasarkan usulan menteri mengesahkan pengangkatan wakil gubernur berdasarkan surat kematian, surat pernyataan pengunduran diri dari gubernur, atau keputusan pemberhentian.

2. Semua fraksi DPRD Sulsel setuju

Rapat Paripurna DPRD Usulkan Sudirman jadi Gubernur Sulsel DefinitifRapat paripurna pemberhentian Nurdin Abdullah dan pengusulan Andi Sudirman sebagai Gubernur Sulsel definitif di ruang rapat paripurna DPRD Sulsel, Senin (24/1/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Semua fraksi yang hadir juga menyatakan setuju dengan agenda rapat paripurna tersebut. Salah satunya disampaikan perwakilan fraksi Partai Golkar, Fahruddin Rangga. 

Rangga menyebut ada 4 poin yang ditekankan fraksi Golkar. Pertama, menyetujui mengenai pengumuman pemberhentian Nurdin Abdullah sebagai gubernur Sulsel dan kedua menyetujui pengangkatan Andi Sudirman Sulaiman sebagai pelaksana tugas Gubernur Sulsel.

"Ketiga, menyetujui pengangkatan wakil gubernur sebagai gubernur untuk periode 2018-2023 dan keempat, mengusulkan untuk panitia pembentukan pemilihan wakil gubernur," katanya.

Baca Juga: Nurdin Abdullah Diberhentikan, Sudirman segera Definitif

3. Berita acara rapat paripurna DPRD Sulsel diserahkan ke Mendagri

Rapat Paripurna DPRD Usulkan Sudirman jadi Gubernur Sulsel DefinitifPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Lebih lanjut Andi Ina Kartika mengatakan tahapan selanjutnya setelah rapat paripurna DPRD Sulsel yaitu, menyampaikan berita acara dan kelengkapan dokumen kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri. Hal inilah yang nantinya menjadi dasar jadwal pelantikan Andi Sudirman sebagai Gubernur Sulsel.

"Hari ini kita paripurna dulu. Berita acara hasil paripurna inilah yang kemudian akan kita kirimkan. Insyaallah besok sudah bisa mulai terbuka waktu untuk pengiriman ke Mendagri," katanya.

Baca Juga: Presiden Berhentikan Nurdin Abdullah dari Gubernur Sulsel

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya