Comscore Tracker

PTM Terbatas Tingkat SD di Makassar Direncanakan Awal November 2021

Siswa SD tidak diwajibkan vaksinasi untuk pelaksanaan PTM

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar berencana akan memulai simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) pada awal bulan November 2021 mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Amalia Malik menjelaskan simulasi PTM tingkat SD tak jauh beda dari simulasi PTM tingkat SMP yang lebih dulu dilaksanakan dalam dua pekan terakhir.

"Itu sudah kita bicarakan. 1 November rencananya, 3 sekolah negeri, 2 sekolah swasta. Jadi rencananya sama seperti SMP, kita coba dulu dua minggu," ucap Amalia, Kamis (21/10/2021).

1. Tidak wajib vaksinasi

PTM Terbatas Tingkat SD di Makassar Direncanakan Awal November 2021ilustrasi belajar tatap muka di sekolah (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Untuk proses penerapan simulasi PTM tingkat SD, kata Amalia, masih sama seperti yang diterapkan di tingkat SMP. Antara lain kewajiban penerapan protokol kesehatan ketat di sekolah, pembatasan kapasitas 50 persen, belajar bergantian, hingga persetujuan orang tua.

Perbedaan itu hanya ada pada vaksinasi. Karena siswa SD memang belum diharuskan vaksinasi lantaran belum cukup umur yaitu usia 12-18 tahun.

"Meski tidak divaksin, pelaksanaan PTM akan dilakukan dengan sangat ketat, utamanya bagi tenaga pendidik, di mana mereka diharuskan sudah divaksin dan diswab antigen secara berkala," kata Amalia.

2. PTM tingkat SMP akan diperluas

PTM Terbatas Tingkat SD di Makassar Direncanakan Awal November 2021Simulasi pembelajaran tatap muka atau PTM di SMP Negeri 6, Kota Makassar, Senin (4/10/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Disinggung mengenai simulasi PTM tingkat SMP, Amalia mengatakan pihaknya belum melaporkan kendala. Bahkan jika simulasi tersebut terus berjalan lancar, maka Disdik kembali berencana menambah sekolah yang melaksanakannya.

"Bisa dibilang antusiasme sekolah ini sangat tinggi, bahkan semua sekolah berharap minggu depan PTM bisa ditambah lagi. Makanya kita sudah pertimbangkan untuk membuka SD," ucapnya.

Baca Juga: Simulasi Sekolah Tatap Muka di Makassar Dimulai Senin 4 Oktober

3. Sekolah SD masih diverifikasi

PTM Terbatas Tingkat SD di Makassar Direncanakan Awal November 2021Ilustrasi siswa SD mengenakan masker (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Adapun untuk sekolah tingkat SD, Disdik hanya mengizinkan lima sekolah di tahap awal. Sekolah itu terdiri dari tiga sekolah negeri dan dua sekolah swasta.

Meski begitu, kelima sekolah di Makassar yang dipersiapkan untuk PTM terbatas masih dalam tahap verifikasi sehingga belum bisa diumumkan. Yang jelas, kelima sekolah tersebut telah dianggap layak PTM.

"Hal ini akan diumumkan pada akhir bulan ini (Oktober)," kata Amalia.

Baca Juga: Ini Cara Sekolah di Makassar Terapkan Prokes PTM Terbatas 

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya