Comscore Tracker

Pemprov Sulsel Kembali Operasikan Bandara Bone usai Lima Tahun Vakum

Bandara Bone vakum selama lima tahun karena sejumlah kendala

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali mengoperasikan Bandara Arung Palakka di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone. Bandara tersebut dioperasikan kembali setelah vakum selama lima tahun.

Pengoperasian itu ditandai dengan penandatanganan kontrak subsidi penerbangan rute Makassar-Bone-Kendari, Bone-Balikpapan di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (29/11/2022).

"Jadi ini kan arahan Pak Menteri, arahan presiden. Tolong diaktifkan bandaranya dipakai, manfaatkan. Karena sudah dianggarkan. Arahan Bapak Presiden itu kita tindak lanjuti dengan subsidi," kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

1. Membuka tiga rute penerbangan

Pemprov Sulsel Kembali Operasikan Bandara Bone usai Lima Tahun VakumIlustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Penerbangan perdana di Bandara Arung Palakka rencananya dimulai 1 Desember 2022. Bandara ini menggunakan maskapai Susi Air dan siap melayani masyarakat melalui tiga rute penerbangan. 

Tiga rute yang akan dilayani yaitu Makassar-Bone (PP) 5 kali seminggu dengan harga tiket Rp300 ribu. Kemudian, Bone-Kendari (PP) 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp550 ribu dan Bone-Balikpapan (PP) 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp1,1 juta. 

2. Pemprov berikan subsidi Rp2,5 miliar

Pemprov Sulsel Kembali Operasikan Bandara Bone usai Lima Tahun VakumIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Sudirman mengatakan Bandara Arung Palakka dioperasikan kembali setelah Pemprov memberikan subsidi tiket sebesar Rp2,5 miliar.

Subsidi ini, kata Sudirman, bukan pertama kalinya. Sebelumnya, Pemprov Sulsel telah memberikan subsidi penerbangan Toraja-Balikpapan. Dengan beroperasinya bandara ini, diharapkan dapat menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat. 

“Ke depannya, kita mau gerakkan ekonomi kembali. Karena kenapa, dengan adanya bandara kita manfaatkan. Barang dan jasa lebih cepat dan lebih murah," katanya.

3. Terakhir beroperasi tahun 2017

Pemprov Sulsel Kembali Operasikan Bandara Bone usai Lima Tahun VakumIlustrasi Bandara Soetta (IDN Times/Lia Hutasoit)

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle,  menyambut baik beroperasinya kembali bandara tersebut. Apalagi, bandara tersebut disubsidi Pemprov Sulsel.

Subsidi tersebut diberikan untuk rute Bone-Toraja, dan Toraja-Balikpapan. Kemudian, subsidi juga diberikan untuk rute Bone, Balikpapan, Kendari dan Makassar.

“Bandara Arung Palaka Kabupaten Bone sudah cukup lama tidak beroperasi sejak 2017 karena adanya beberapa masalah. Alhamdulillah dengan dukungan Pemprov Sulsel, kita mendapatkan subsidi dalam rangka mengaktifkannya kembali,” katanya.

Baca Juga: Garap Proyek Land4Lives di Bone, ICRAF Prioritaskan DAS Walanae

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya