Pemkot Makassar Siapkan Rp60 Miliar untuk Proyek Sport Center

Salah satu proyek prioritas untuk tahun 2023

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar menyiapkan anggaran sebesar Rp60 miliar untuk proyek kawasan olahraga atau sports center Makassar Core City Arena (Macca). Macca rencananya akan dibangun di kawasan Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan Macca menjadi salah satu proyek prioritas untuk tahun 2023 mendatang. Proyek tersebut sementara dipersiapkan untuk langsung tender bulan Desember 2022.

"Saya coba cek anggarannya dapat Rp60 miliar kan saya dapat. Jadi, saya mau cepat (tender) supaya dia mulai," kata Danny saat ditemui di kediamannya, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Japanese Film Festival Hadir di Makassar, Simak Jadwalnya di Sini!

1. Sport center untuk olahraga indoor

Pemkot Makassar Siapkan Rp60 Miliar untuk Proyek Sport Centerilustrasi olahraga di gym (IDN Times/Mardya Shakti)

Danny menjelaskan bahwa Macca adalah sport center yang akan menampung olahraga indoor atau dalam ruangan. Menariknya, dinding bangunan akan dijadikan sebagai arena berlari.

"Kita bikinkan jalan, melingkar, nanti kayak gunung-gunung orang lari-lari dan dia bisa digunakan untuk pusat kaki lima kalau tidak ada evant maupun ada evant karena ada mobil bisa naik ke atas," kata Danny.

Gedung olahraga nantinya tak hanya dimanfaatkan untuk olahraga saja, melainkan akan dirancang untuk keperluan multifungsi. Tak hanya sebagai pusat olahraga, tempat ini juga akan dirancang untuk berguna sebagai posko pengungsian darurat jika terjadi bencana.

2. Diprediksi berdaya tampung 5.000 orang

Pemkot Makassar Siapkan Rp60 Miliar untuk Proyek Sport CenterIlustrasi GOR. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Bangunan Macca direncanakan memiliki luasan sekitar 20.000 meter persegi dengan daya tampung 5.000 orang. Danny memastikan angka tersebut telah diperhitungkan secara matang apalagi mengingat potensi kerumunan.
 
Pertimbangan daya tampung itu, kata Danny, berkaca pada tragedi Kanjuruhan di Malang dan tragedi Itaewon di Korea Selatan. Menurutnya, kawasan itu nantinya harus memiliki penanganan darurat atau emergency sesuai standar. 

"Jadi lebih simpel dia, saya perhatikan ini jadi orang evakuasi dekat, langsung ada jalan 8 meter keliling. Jadi dia bisa di situ evakuasi pertama yang harus bagus, tidak berdesakan kan longgar lalu evakuasi kedua ke bawah," kata Danny.

3. Bakal dibangun dengan konsep multiyears

Pemkot Makassar Siapkan Rp60 Miliar untuk Proyek Sport CenterIlustrasi pembangunan gedung (IDN Times/Arief Rahmat)

Macca sendiri merupakan proyek yang telah dicanangkan sejak akhir tahun 2021 lalu namun gagal dieksekusi tahun ini. Pasalnya, ada beberapa kendala yang dihadapi sehingga proyek tersebut terpaksa harus ditunda termasuk masalah lahan yang belum tuntas.

Pemkot berencana membangun proyek Macca dengan menggunakan konsep multiyears atau lebih dari satu tahun anggaran. Konsep multiyears itu diharapkan bisa membuat pembangunan lebih maksimal dan berkualitas baik.

Baca Juga: Ratusan Pencari Kerja Serbu Job Fair di Mall Pipo Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya