Comscore Tracker

Pemkot Makassar Hadirkan Motor Pemadam di 53 Titik Kelurahan

Upaya pertolongan pertama mengatasi kebakaran

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar menghadirkan pemadam kebakaran motor (damtor) yang akan ditempatkan di setiap kelurahan. Damtor ini dihadirkan untuk meningkatkan pelayanan kecepatan kebakaran khususnya di pemukiman yang memiliki jalan sempit.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, Hasanuddin, mengatakan total ada 53 damtor yang akan ditempatkan di setiap kelurahan. Namun saat ini baru 27 unit yang tersedia sedangkan sisanya masih menunggu pengiriman secara bertahap.

"Damtor ini akan ditempatkan di kelurahan sebagai armada sigap ketika ada kebakaran sembari menunggu armada Damkar tiba di lokasi kejadian,” ujar Hasanuddin, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: 17 Kantor Lurah di Makassar Pindah ke Kontainer Makassar Recover

1. Damtor ditempatkan di tiap kelurahan

Pemkot Makassar Hadirkan Motor Pemadam di 53 Titik KelurahanWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mencoba damtor di kantor Dinas Pemadam Kebakaran, Rabu (28/9/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Hasanuddin mengatakan damtor-damtor itu akan diserahkan untuk masing-masing kecamatan pada Oktober 2022 mendatang. Sebagai tahap awal, damtor akan disebar di 53 titik kelurahan di Kota Makassar. 

Jika semua unit telah terkumpul, maka Disdamkar akan menyerahkan aset berupa damtor itu langsung ke pihak kecamatan. Damtor akan ditempatkan di titik-titik strategis kelurahan.

"Namun, tidak menutup kemungkinan akan ditambah unitnya sesuai dengan kebutuhan di tahun mendatang,” katanya.

2. Alternatif pertolongan pertama saat kebakaran

Pemkot Makassar Hadirkan Motor Pemadam di 53 Titik KelurahanIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Damtor merupakan bagian dari program Peka Rong (pemadam kebakaran lorong). Untuk pemanfaatannya, damtor akan dilengkapi dengan tangki dan mesin pompa. 

Peka Rong diklaim mampu menjangkau hingga radius 200 meter dan jika jarak lokasi kebakaran melebihi 200 meter maka akan digunakan Damtor.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto berharap dengan adanya Peka Rong dan damtor ini bisa menjadi alternatif dan pertolongan pertama saat warga mendapat musibah kebakaran.

“Ini upaya yang kita lakukan untuk segera dan sigap membantu warga yang nantinya terkena musibah. Peka Rong dan Damtor harus dimaksimalkan penggunaannya untuk meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan,” jelas Danny.

3. Data kebakaran Makassar

Pemkot Makassar Hadirkan Motor Pemadam di 53 Titik KelurahanIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, tercatat ada 120 kasus kebakaran hingga September 2022. Berdasarkan objeknya, kebakaran paling banyak terjadi di rumah tinggal dengan total 154 kasus.

Kemudian berdasarkan penyebabnya, kebakaran paling banyak terjadi karena masalah listrik dengan 69 kasus. 

Baca Juga: Di Makassar, Yasonna Ajari Anak SD soal Kekayaan Intelektual

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya