Comscore Tracker

Pemkot Makassar Galakkan Vaksinasi On The Road

Upaya mencegah lonjakan kasus COVID-19 di akhir tahun

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar berencana menggelar kegiatan vaksinasi on the road, dengan menggalakkan vaksinasi COVID-19 ke jalan-jalan dan ruang publik pada momen Natal dan tahun baru (nataru). Ini merupakan salah satu langkah mencegah lonjakan kasus COVID-19 seperti yang terjadi tahun lalu.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan vaksinasi on the road akan dimulai saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 se-Indonesia pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Jadi kami bukan hanya mencegah tapi juga memproteksi (orang) dari daerah sekitar yang belum vaksin lalu bercampur dengan orang vaksin. Tujuannya kan melindungi seluruh masyarakat Makassar," ujar Danny, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga: Sempat Rusak, Genset di Pulau Barrang Caddi Makassar Sudah Diperbaiki

1. Vaksinasi menyasar warga yang beraktivitas di luar rumah

Pemkot Makassar Galakkan Vaksinasi On The RoadIlustrasi Vaksinasi COVID-19 (dok. Istimewa)

Danny menyebut posisi Kota Makassar menjadi pusat kunjungan masyarakat. Sehingga perlu segera diamankan lewat pemeriksaan di sejumlah ruas-ruas jalan, termasuk dengan vaksinasi.

Vaksinasi on the roadini akan menyasar warga yang ada di jalan-jalan dan ruang publik yang belum divaksinasi. Warga yang vaksinasinya belum lengkap maupun belum divaksinasi sama sekali akan didata dan divaksinasi di tempat.

"Hampir di semua jalan besar. Targetnya siapa saja yang ada di jalanan. Kami akan sasar orang-orang yang belum dosis dua dan belum divaksin," kata Danny.

2. Kasus COVID-19 berpotensi melonjak saat Nataru

Pemkot Makassar Galakkan Vaksinasi On The RoadIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Danny, Makassar menjadi salah satu tujuan untuk dikunjungi saat momen Nataru. Momen ini berpotensi meningkatkan penularan COVID-19 sebab masyarakat lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, sehingga berpotensi terjadi kerumunan.

"Kami melihat pada Nataru nanti berpotensi akan terjadi peningkatan kasus. Oleh karena itu kami akan melakukan vaksinasi on the road untuk mencegah terjadi penularan," katanya. 

3. Warga diminta tetap taat protokol kesehatan

Pemkot Makassar Galakkan Vaksinasi On The RoadIlustrasi protokol kesehatan (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Vaksinasi di Kota Makassar saat ini telah melebihi 70 persen dari target sekitar satu juta penduduk. Meski begitu, Danny berharap warga tetap menjaga protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan menjaga jarak saat beraktivitas di luar rumah.

"Kami berharap protokol kesehatan ini terus dijaga. Jangan sampai ada muncul klaster lagi," kata Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto Mau Pasang CCTV di Lokasi Rawan Tawuran di Makassar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya