Comscore Tracker

Pekan Depan, Pasien OTG di Makassar Mulai Diisolasi di Kapal

Kapal Umsini milik PT Pelni siap beroperasi

Makassar, IDN Times - Kapal Umsini milik PT Pelni rencananya mulai dioperasikan sebagai lokasi isolasi apung di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin pekan depan. Kapal tersebut disiapkan menampung 804 orang pasien COVID-19 OTG atau bergejala ringan.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan kapal hanya akan berisi setengahnya. Pasien yang menjalani isolasi di kapal harus benar-benar yang bergejala ringan.

"Target saya yang naik pertama maksimum 500 orang dulu, mumpung kapalnya masih sandar. Insyaallah hari Senin kita akan mulai fungsikan," kata Danny usai menggelar rapat koordinasi di Balai Kota Makassar, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Kapal Pelni di Makassar Siap Dipakai Isolasi Pasien COVID-19

1. Pelni pinjamkan kapal Umsini setelah ada izin dari Kemenhub

Pekan Depan, Pasien OTG di Makassar Mulai Diisolasi di KapalWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Wakilnya, Fatmawati Rusdi meninjau fasilitas kapal Umsini milik PT Pelni saat tiba di Makassar, Selasa (13/7/2021). Humas Pemkot Makassar

Kepala Kantor Cabang Pelni Makassar, Ahmad Sadikin, menyatakan pihaknya sejak awal siap dan mendukung program isolasi apung pertama di Indonesia. Karena itu PT Pelni menyediakan kapal Umsini supaya digunakan sebagai lokasi isolasi terpusat di Makassar. Soal kelengkapan, itu urusan Pemkot.

PT Pelni meminjamkan kapal itu karena melihat adanya lonjakan kasus COVID-19 di Makassar. Namun PT Pelni tak serta merta langsung meminjamkan kapalnya.

"Atas dukungan Kementerian Perhubungan dan kerjasama dengan Pemerintah Kota Makassar kita siapkan kapal Umsini ini. Jadi kita udah port stay-kan kapal mulai tanggal 14 (Juli 2021) kemarin," kata Ahmad melalui sambungan telepon.

2. Kru kapal yang bertugas harus dalam keadaan sehat

Pekan Depan, Pasien OTG di Makassar Mulai Diisolasi di KapalWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meninjau fasilitas kapal Umsini milik PT Pelni saat tiba di Makassar, Selasa (13/7/2021). Humas Pemkot Makassar

Ahmad menyebutkan kapal Umsini sebenarnya mampu menampung hingga 2.000 penumpang. Namun selama masa pandemik COVID-19, maka jumlah kapasitasnya dikurangi 50 persen.

Dia juga menyebutkan tidak hanya kapasitas penumpang saja yang dikurangi tapi juga jumlah kru kapal yang bertugas dikurangi menjadi 50 persen. 

"Kru kapal permintaan dari tim wali kota minta setengahnya aja 50 persen. Jadi kita lagi ditindak lanjuti, otomatis kita akan pilih kru-kru yang dalam keadaan sehat. Kan kita juga ada rasa kekhawatiran," katanya.

3. Fasilitas untuk isolasi apung di kapal Umsini

Pekan Depan, Pasien OTG di Makassar Mulai Diisolasi di KapalWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meninjau fasilitas kapal Umsini milik PT Pelni saat tiba di Makassar, Selasa (13/7/2021). Humas Pemkot Makassar

Saat ini, Pemerintah Kota Makassar tengah mengerjakan 900 recover capsule atau semacam penyekat yang memisahkan satu tempat tidur dan tempat tidur lainnya. Itulah yang nantinya digunakan sebagai tempat istirahat pasien isolasi. 

Di kapal ini, ada sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pasien isolasi. Kapal Umsini dilengkapi restoran hingga musala. Pasien juga bisa berolahraga di atas kapal.

Untuk sirkulasi udara, kapal ini menggunakan hepa filter untuk menangkap virus Corona penyebab COVID-19. Hepa filter merupakan penyaring udara berbentuk lipatan-lipatan yang bermanfaat menyaring udara dan membersihkan permukaan dari debu dan partikel-partikel kecil.

Supaya pasien tidak bosan, Pemkot akan menyediakan fasilitas internet berupa WiFi gratis dan televisi. Jaringan tetap mudah diakses karena lokasi kapal nantinya tidak begitu jauh dari daratan yakni berada di sekitar perairan dekat Pulau Lae-lae.

Baca Juga: Kemenhub Dukung Pemkot Makassar Isolasi Pasien COVID-19 di Kapal Pelni

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya