Comscore Tracker

Pasien COVID-19 Kini Bisa Isolasi di Asrama Haji Makassar, Ini Caranya

Ditujukan bagi pasien bergejala ringan atau tanpa gejala

Makassar, IDN Times - Asrama Haji Sudiang di Makassar, Sulawesi Selatan kini sudah bisa digunakan sebagai tempat isolasi bagi pasien COVID-19 tanpa gejala maupun bergejala ringan. Pemerintah Provinsi meluncurkan layanan ini pada Selasa (27/7/2021).

Direktur RS Labuang Baji Haris Nawawi selaku Ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan kasus COVID-19. Sehingga perlu upaya alternatif untuk menangani pasien.

"Kenyataan ini menyebabkan kita semua menjadi waspada dan prihatin akan masih tingginya resiko penularan infeksi COVID-19 di tengah-tengah masyarakat kita," kata Haris dalam acara peluncuran tersebut.

Baca Juga: Asrama Haji Makassar Siap Tampung 500 Pasien COVID-19

1. Pemprov menjamin ketersediaan tempat tidur

Pasien COVID-19 Kini Bisa Isolasi di Asrama Haji Makassar, Ini CaranyaSalah satu kamar di Asrama Haji Sudiang Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Haris menjelaskan situasi waspada dan rasa prihatin tersebut membuat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan harus menjamin ketersediaan kapasitas tempat tidur, ruang isolasi COVID-19 dan obat-obatan seluruh rumah sakit Provinsi Sulawesi Selatan.

"Maka Pemprov Sulsel bergerak cepat melalui kerjasama dengan Kementerian Agama menjadi menetapkan Asrama Haji Sudiang sebagai salah satu fasilitas ruang isolasi bagi pasien terkonfirmasi positif yang tidak bergejala atau bergejala ringan," kata Haris.

Haris mengatakan kehadiran fasilitas isolasi tersebut karena memahami bahwa ada beberapa masyarakat pinggiran yang tidak mempunyai fasilitas memadai di rumahnya untuk isolasi mandiri. Tak sedikit dari masyarakat yang hanya mempunyai satu kamar mandi di rumahnya sehingga sulit bagi pasien yang sedang isolasi.

"Dalam pelaksanaan nanti, program tim Sulsel ini memberikan fasilitas-fasilitas serasa hotel berbintang tiga dan didukung oleh tenaga kesehatan dokter dan perawat yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang mumpuni dalam menangani pasien COVID-19," katanya.

2. Cara mendaftar sebagai pasien isolasi

Pasien COVID-19 Kini Bisa Isolasi di Asrama Haji Makassar, Ini CaranyaIlustrasi ruang isolasi pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/Jojon)

Adapun nama untuk layanan isolasi pasien COVID-19 tersebut adalah FIT SULSEL (Fasilitas Isolasi Terintegrasi Provinsi Sulawesi Selatan). 

Pasien yang berhak mengikuti layanan tersebut adalah yang telah mendaftar di call center Hallo Dokter 0811466465 atau mendaftar melalui website hallodokter.sulselprov.go.id. 

Kemudian, mendapat rujukan dari Puskesmas untuk mendapatkan perawatan COVID-19 di rumah sakit. Lalu, telah menjalani swab RT-PCR dengan hasil positif tanpa gejala dan gejala ringan tanpa komorbid.

3. Ini daftar warga yang mendapatkan prioritas

Pasien COVID-19 Kini Bisa Isolasi di Asrama Haji Makassar, Ini CaranyaIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Untuk menjalani isolasi di Asrama Haji, pemprov memprioritaskan beberapa hal, yaitu

1. Tinggal sendiri dalam rumah, tanpa keluarga 

2. Tinggal bersama kelompok rentan seperti usia lansia dan memiliki penyakit penyerta seperti dibetes, gangguan jantung, hipertensi, gagal ginjal, stroke, penyakit pernapasan kronis, penyakit kanker

3. Kondisi rumah tidak memungkinkan melakukan isolasi mandiri, tidak ada kamar khusus bagi penderita

4. Jika kondisi lingkungan masyarakat di sekitar rumah tidak memungkinkan dilakukan isolasi mandiri seperti ancaman penolakan atau ancaman keamanan

5. Penilaian nomor 1-4 dilakukan oleh Puskesmas.

Baca Juga: 5 Wisma di Asrama Haji Makassar Disiapkan untuk Isolasi Pasien COVID

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya