Comscore Tracker

Panglima TNI Pantau Pengamanan Gereja di Makassar Jelang Minggu Paskah

Tinjau pengamanan di empat gereja Makassar

Makassar, IDN Times - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kepala Bagian Intelijen dan Keamanan Markas Besar Polri (Kabagintelkam Mabes Polri) Komisaris Jenderal Pol Paulus Waterpauw, meninjau langsung pengamanan pelaksanaan ibadah Jumat Agung di Makassar, Jumat (2/4/2021).

Pemantauan berlangsung di empat gereja yaitu Gereja Paroki Maria Ratu Rosari-Kare Jalan Perintis Kemerdekaan, Gereja Mangamaseang Jalan Urip Sumoharjo, Gereja GPIB Immanuel Jalan Balaikota, dan Gereja Katedral Jalan Kajaolalido yang merupakan lokasi bom bunuh diri pekan lalu.

Dalam kunjungannya, Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa kunjungannya itu dalam rangka mengecek secara langsung gelar kekuatan yang dilaksanakan oleh Pangdam dan Kapolda Sulsel di seluruh gereja di Makassar. 

"Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat karena saudara kita sedang melaksanakan ibadah Jumat Agung," ucap Hadi dalam konferensi persnya di depan Gereja Katedral Makassar.

1. Pasukan TNI-Polri ditempatkan di titik-titik yang dianggap rawan

Panglima TNI Pantau Pengamanan Gereja di Makassar Jelang Minggu PaskahPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan keterangan pers di depan Gereja Katedral, Jumat (2/4/2021). Humas Pemprov Sulsel

Hadi menjelaskan, pelaksanaan pengamanan digelar dengan cara menempatkan pasukan TNI-Polri di titik-titik yang dianggap rawan. 

"Di situ kita berikan tambahan kekuatan. Di samping itu juga kita laksanakan patroli keliling untuk memberikan keyakinan dan rasa aman kepada masyarakat baik di gereja maupun di rumah-rumah," jelasnya.

Untuk itu, Marsekal Hadi berharap dengan pengamanan secara ketat, maka pelaksanaan ibadah Jumat Agung hingga Minggu Paskah bisa berjalan dengan lancar.

"Setelah saya melihat beberapa gereja sore hari ini, semuanya sudah tergelar dan pelaksanaan ibadah Jumat Agung bisa dilaksanakan dengan baik," kata Hadi.

2. Pengamanan untuk meningkatkan kewaspadaan

Panglima TNI Pantau Pengamanan Gereja di Makassar Jelang Minggu PaskahPetugas kepolisian melakukan pengamanan di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (1/4/2021). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Dalam kesempatan yang sama, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi pengamanan yang digelar aparat kepolisian dan TNI dalam pelaksanaan ibadah Jumat Agung di gereja-gereja tersebut.

Pengamanan tersebut, kata dia, merupakan perintah Presiden RI Joko Widodo kepada TNI-Polri untuk memberikan keyakinan dan rasa aman kepada masyarakat. Selain itu juga untuk meningkatkan kewaspadaan di seluruh daerah di Indonesia termasuk di Sulsel.

"Saya sampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian dan TNI yang sudah memberikan rasa aman bagi saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah di Gereja," katanya.

Baca Juga: Agenda Ibadah Perayaan Paskah di Katedral Makassar Tetap Berlanjut

3. Teror bom tidak ganggu ibadah di gereja

Panglima TNI Pantau Pengamanan Gereja di Makassar Jelang Minggu PaskahGereja Katedral di Jalan Kajaolalido Makassar dikawal ketat oleh polisi, Kamis (1/4/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Seperti diketahui, pengamanan Gereja di Makassar diperketat setelah terjadinya aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar pada Minggu 28 Maret 2021 lalu. Aksi terorisme tersebut terjadi saat umat Katolik sedang melaksanakan ibadah Minggu Palma yang merupakan awal dari Pekan Suci menjelang Paskah.

Meski telah terjadi aksi teror bom, namun hal itu rupanya tidak mengurangi antusiasme umat Katolik untuk tetap melaksanakan ibadah di gereja tersebut sebagaimana yang telah dijadwalkan.

Baca Juga: Misa Kamis Putih di Gereja Katedral Makassar Berjalan Normal

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya