Comscore Tracker

Mutasi Lagi, Tujuh Pejabat Pemprov Sulsel Duduki Jabatan Baru

Pergeseran posisi membuat sejumlah jabatan lowong

Makassar IDN Times - Mutasi pejabat di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali bergulir di masa kepemimpinan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Pada Senin (27/6/2022), sebanyak tujuh tujuh pejabat eselon II mendapatkan posisi baru. 

Ketujuh pejabat tersebut dilantik oleh Andi Sudirman di ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel. Selain mutasi, mereka yang dilantik ada juga yang merupakan hasil lelang jabatan. Pelantikan ini juga, merupakan hasil uji kompetensi yang pernah dilaksanakan.

"Pelantikan ini melalui berbagai proses, dengan memberikan parameter kinerja kerja, dari para Organisasi Perangkat Daerah dan ini juga melalui banyak penilaian," kata Sudirman dalam sambutannya.

Baca Juga: MUI Sulsel Bakal Terbitkan Fatwa Uang Panaik, Ini Pertimbangannya

1. Daftar nama pejabat yang dilantik

Mutasi Lagi, Tujuh Pejabat Pemprov Sulsel Duduki Jabatan BaruGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melantik 7 pejabat eselon II di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (27/6/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Mereka yang dilantik adalah Ardiles Saggaf yang sebelumnya Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dilantik sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sulsel. Kemudian Abdul Malik Faisal dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan.

Lalu, Andi Mirna yang sebelumnya Kepala Biro Ortala dilantik sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kemudian, Mujiono yang sebelumnya Kepala Satpol PP Sulsel dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi. 

Berikutnya, Since Erna Lamba yang sebelumnya menjabat Kepala  Biro Ekonomi dan Pembangunan dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi. Kemudian, Sulkaf S Latief yang sebelumnya menjabat staf ahli dilantik sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Kemudian, Imran Jauzi yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dilantik menjadi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan.

2. Menyisakan sejumlah jabatan lowong

Mutasi Lagi, Tujuh Pejabat Pemprov Sulsel Duduki Jabatan BaruSuasana Kantor Gubernur Sulsel. IDN Times/Asrhawi Muin

Namun pergeseran pejabat tersebut menyisakan beberapa jabatan lowong. Di antaranya yaitu Kepala Satpol PP Sulsel, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Koperasi dan UKM, Biro Ortala. 

Selain itu, masih ada Dinas Kesehatan,  Inspektorat, Dinas Energi Sumber Daya Mineral, dan Dinas Ketahanan Pangan yang masih lowong setelah lelang jabatan.

Sudirman mengatakan pelantikan dilaksanakan secara bertahap. Pelantikan hari ini hanya berdasarkan atas hasil job fit atau uji kelayakan. 

"Kita masih butuh waktu sedikit karena Dinkes itu besar dan Inspektorat juga spotnya lebih besar. Kita butuh lagi waktu. tunggu saja," kata Sudirman.

3. Sudirman sebut staf ahli harus diperkuat

Mutasi Lagi, Tujuh Pejabat Pemprov Sulsel Duduki Jabatan BaruPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Sudirman mengatakan ada beberapa pejabat yang memang dipromosikan karena kepangkatannya dan telah memenuhi syarat untuk naik jabatan. Pihaknya telah memetakan kecocokan kenaikan jabatan.

Selain itu, ada juga jabatan staf ahli yang butuh penguatan. Menurut Sudirman, staf ahli adalah pejabat yang paling sering membantunya saat ada acara atau kegiatan.

"Staf ahli itu harus diperkuat lagi. Bukan persoalan dia lemah atau tidak, saya tidak melihat itu. Yang saya lihat bagaimana membantu gubernur. Karena kita banyak relasi keluar, banyak kerja sama kita dengan instansi pihak ketiga," kata Sudirman.

Baca Juga: Sulsel Belum Dapat Jatah Vaksin PMK untuk Hewan Ternak

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya