MUI Sulsel Masih Kaji Panduan Pelaksanaaan Salat Idul Fitri

Akan disesuaikan dengan kondisi di daerah

Makassar, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan masih mengaji metode pelaksanaan ibadah Salat Idul Fitri 1441 H di tengah pandemik COVID-19. Hal ini menyusul diterbitkannya fatwa MUI nomor 28 tahun 2020 tentang panduan takbir dan salat Idul Fitri saat pandemi COVID-19

Sekretaris MUI Sulsel Muhammad Ghalib mengatakan, pelaksanaan ibadah salat Id masih menunggu keputusan Menteri Agama. Untuk di Sulsel, hal itu akan dibahas bersama Pemerintah Provinsi.

"Untuk Sulsel, kami baru saja selesai rapat dengan Pak Gubernur, Wali Kota dan Pangdam Hasanuddin. Kita masih sementara mengkaji bagaimana modelnya nanti Idul Fitri," ujar Ghalib saat dihubungi IDN Times, Jumat (15/5).

Baca Juga: Fatwa MUI: Salat Idulfitri Boleh Dilaksanakan di Rumah

1. MUI belum punya data daerah mana yang sudah mengendalikan kasus COVID-19

MUI Sulsel Masih Kaji Panduan Pelaksanaaan Salat Idul FitriIlustrasi salat berjamaah di masjid. (Dok. IDN Times)

MUI Sulsel belum memutuskan soal panduan pelaksanaaan salat Idul Fitri ini, sebab belum mengetahui di daerah mana saja kasus COVID-19 sudah terkendali. Sementara fatwa MUI pusat menyebutkan bahwa daerah yang sudah terkendali bisa melaksanakan Idul Fitri dengan standar protokol kesehatan.

Merujuk fatwa tersebut, masyarakat di daerah dengan kasus COVID-19 yang belum terkendali diharapakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. 

"Jadi itu sepenuhnya kewenangan pemerintah. MUI hanya mengeluarkan imbauan, fatwa, tausiyah, bahwa pelaksanaan Idul Fitri dapat dilaksanakan di daerah-daerah yang dipastikan bahwa terkendali virusnya," kata Ghalib.

2. Keputusannya bakal ditentukan pada Selasa mendatang

MUI Sulsel Masih Kaji Panduan Pelaksanaaan Salat Idul FitriIDN Times/Larasati Rey

Ghalib mengatakan bahwa MUI Sulsel masih akan membahas lebih lanjut soal salat Id bersama gugus harian komisi fatwa beserta ketua-ketua MUI se-Sulsel. Dia mengatakan hasil rapat ini akan diuputuskan pada Selasa mendatang.

"Karena pada akhirnya kami berharap bahwa akan sangat bagus kalau ada sinergi antara pemerintah provinsi dengan MUI provinsi supaya tidak ada perbedaan. Begitu pun untuk kabupaten/kota," katanya.

3. Gubernur minta masyarakat tunggu keputusan MUI

MUI Sulsel Masih Kaji Panduan Pelaksanaaan Salat Idul Fitriilustrasi salat berjamaah (IDN Times/Maulana)

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah juga menyatakan bahwa skema pelaksanaan Salat Idul Fitri masih dan takbir akbar masih dibicarakan lebih lanjut. Dia meminta masyarakat agar menunggu keputusan dari MUI Sulsel sebagai panduan pelaksanaan Salat Idul Fitri. 

"Jadi masyarakat tunggu dulu sampai ada keputusan akhir. Yang pasti keputusan MUI supaya kita Salat Id di rumah," ujarnya usai melakukan rapat di Posko COVID-19, Jumat.

Baca Juga: Sebab Pandemik di Sulsel Belum Bisa Segera Tuntas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya