Comscore Tracker

Makassar Kembali Gagal Dapat Piala Adipura, Danny Salahkan TPA Antang

Danny target Makassar raih Adipura tahun depan

Makassar, IDN Times - Tahun ini, Kota Makassar kembali gagal meraih penghargaan Adipura. Hal ini diketahui usai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengumumkannya pada 28 Februari 2023. 

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengakui kondisi daerahnya memang masih kotor. Belum lagi sapi yang kerap berkeliaran dan makan di tempat pembuangan akhir (TPA) Tamangapa Antang juga menjadi temuan dalam proses penilaian tim KLHK.

"Itu (sapi) dari dulu. Alasannya tidak ada taman. Kemudian, memang masih kotor, TPA pendamping," kata Danny di Makassar, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga: Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Tanjung Bayang Makassar

1. Danny salahkan pejabat lama DLH

Makassar Kembali Gagal Dapat Piala Adipura, Danny Salahkan TPA AntangWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny tampaknya tak terlalu terkejut dengan capaian ini. Pasalnya, pada tahun 2022 lalu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar termasuk salah satu instansi Pemkot Makassar yang dianggap berkinerja paling buruk.

Dia pun menyalahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang lama. Kinerja itu pula yang akhirnya membuat Danny mengganti posisi tersebut dengan pejabat baru.

"Makanya kenapa saya ganti itu DLHD. Kan saya sudah bilang PAD-nya paling rendah jadi tidak kaget," kata Danny.

2. Danny target Makassar dapat Adipura 2024

Makassar Kembali Gagal Dapat Piala Adipura, Danny Salahkan TPA AntangWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Kendati demikian, Danny sepertinya tidak ingin berlama-lama menyayangkan kegagalan ini. Karena itu, dia sudah mematok target tahun depan bahwa Makassar harus bisa meraih Piala Adipura kembali.

Untuk bisa meraih penghargaan itu, maka Pemkot Makassar akan menambah taman. Pasalnya, minimnya taman ini juga menjadi salah satu pertimbangan sehingga Makassar gagal mendapat Piala Adipura.

"Sekarang taman sudah mulai dibikin. Tahun depan kita harus dapat Adipura. Bagaimana mau dapat kalau tidak ada taman," kata Danny.

3. Makassar terakhir dapat Adipura tahun 2017

Makassar Kembali Gagal Dapat Piala Adipura, Danny Salahkan TPA AntangWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Pemkot Makassar terakhir mendapat penghargaan anugerah Piala Adipura pada 2017 saat Danny masih berpasangan dengan Syamsi Rizal pada periode pertamanya. Setelahnya, Makassar tak pernah lagi meraih penghargaan tersebut hingga sekarang. 

Piala Adipura merupakan penghargaan bagi kota yang dianggap bersih dan baik dalam pengelolaan lingkungan. Dengan kata lain, Piala Adipura sekaligus menjadi simbol kebersihan bagi kota atau kabupaten yang mendapatkannya.

Makassar pertama kali meraih Adipura pada 1997 pada masa pemerintahan Malik B Masry. Kota Daeng kembali meraih Adipura Kota Metropolitan pada 2013 di masa pemerintahan Iham Arief Sirajuddin. 

Sempat absen setahun, Makassar kembali meraih Adipura ketiganya pada 2015. Kemudian secara berturut-turut kembali meraih Adipura pada 2016 dan 2017 di bawah pemerintahan Danny Pomanto. Sayangnya, setelah itu Makassar tak lagi meraih Piala Adipura. 

Baca Juga: Dicoklit, Wali Kota Minta Warga Makassar Dukung Pantarlih

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya