Comscore Tracker

Ketum PPP Isyaratkan Dukung Appi di Pilkada Makassar

PPP mengusung 8 calon pada Pilkada di Sulsel

Makassar, IDN Times - DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) di Grand Claro Hotel Makassar, Minggu (16/2). Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa, mengatakan Rakorwil dilakukan sebagai ajang konsolidasi partai menghadapi Pilkada 2020.

"Jadi posisi pemilihan kepala daerah (pilkada) ini penting sekali untuk benar-benar dimanfaatkan untuk kebaikan-kebaikan partai kita sekaligus sebagai ajang untuk mengukur diri, kapasitas kita dalam rangka menghadapi pemilu yang akan datang," kata Suharso dalam sambutannya.

Menurut Suharso, pilkada 2020 juga merupakan batu loncatan dalam menghadapi perjuangan berat pada pemilu 2024 mendatang. Karena, kata dia, partai-partai besar meminta ambang batas parlemen atau parliamentary threshold naik jadi 7 persen.

"Partai-partai besar mengusulkan 7 persen tapi kita mencoba meyakinkan untuk tetap di angka yang rendah. Kita punya alasan. Parliamentary threshold itu akan menghilangkan suara-suara sehingga tidak representatif lagi. Kecuali partai-partai politik itu tidak sebanyak hari ini," kata Suharso lagi.

1. PPP hanya mengusung 8 calon di pilkada Sulsel

Ketum PPP Isyaratkan Dukung Appi di Pilkada MakassarRakorwil DPW PPP Sulsel di Grand Claro Hotel Makassar, Minggu (16/2). IDN Times/Asrhawi Muin

Suharso yang juga Menteri Bappenas RI itu menjelaskan, partai PPP akan berpartisipasi dalam pilkada di Sulsel. Meski begitu ia tak ingin terlalu muluk-muluk dalam pilkada 2020 nanti. PPP Sulsel bahkan hanya mengusung calon di 8 daerah, padahal ada 12 daerah di Sulsel yang menggelar pilkada.

Kedelapan daerah itu adalah Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Luwu Utara, Soppeng, Gowa, dan Bulukumba. Hal itu dikarenakan, kader partai PPP hanya duduk di kursi parlemen yang ada di daerah tersebut. 

"Di 8 daerah itu minimal kita dapat 25 persen, atau 2 daerah," kata Suharso.

2. PPP Beri sinyal mengusung Appi di Pilkada Makassar

Ketum PPP Isyaratkan Dukung Appi di Pilkada MakassarKetua Umum PPP Suharso Monoarfa disambut tarian Angngaru di Grand Claro Hotel Makassar, Minggu (16/2). IDN Times/Asrhawi Muin

Suharso juga mengatakan proses untuk mengusung calon di pilkada Makassar masih sementara berproses. Hanya saja, ia memberikan sinyal bahwa PPP mendukung Munafri Arifuddin atau yang akrap disapa Appi.

"Pilwalkot, proses sedang berjalan. Appi yang menguat. Doakan mudah-mudahan," kata Suharso.

Munafri Arifuddin sebelumnya pernah menjadi calon tunggal dalam pilkada Makassar tahun 2018 lalu. Kala itu, CEO klub sepak bola PSM Makassar berpasangan dengan Andi Rachmatika Dewi. Namun pasangan ini akhirnya kalah melawan kolom kosong.

Baca Juga: Divonis Rehab Narkoba, Caleg Terpilih PPP Makassar Tidak Diganti

3. PPP menarget dua daerah di pilkada Sulsel

Ketum PPP Isyaratkan Dukung Appi di Pilkada MakassarKetua DPW PPP Sulsel Muhammad Aras saat memberikan sambutan dalam Rakorwil di Grand Claro Hotel Makassar, Minggu (16/2). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Ketua DPW PPP Sulsel, Muhammad Aras mengaku sangat realistis dengan target pada Pilkada 2020 lantaran partainya hanya memiliki kursi di 8 daerah tersebut. Bahkan dari 8 daerah tersebut, kata dia, hanya satu kader yang memiliki keinginan untuk bertarung di pilkada sementara kader lainnya masih berpikir untuk maju.

Meski begitu, ia mengaku optimistis bahwa kader yang mereka usung bisa menang di dua kabupaten, yakni Gowa dan Bulukumba. Sebab, kata Aras, di kedua daerah itu, PPP menempatkan kadernya sebagai ketua DPRD.

"Sebenarnya kita patut bersyukur. Pada pileg lalu, kita bisa menempatkan 4 kader pada kursi ketua DPRD. Tapi kan hanya 2 kabupaten yang akan menggelar pilkada, 2  lainnya yaitu Bantaeng dan Bulukumba tidak," kata Aras.

Baca Juga: Usai Rehabilitasi Narkoba, Caleg Terpilih PPP Makassar bakal Dilantik

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya