Kemenhub Hadirkan Layanan Teman Bus di Makassar

Empat koridor menghubungkan 261 titik di Makassar

Makassar, IDN Times - Kementerian Perhubungan akan meresmikan layanan angkutan Teman Bus di Makassar, Sabtu 13 November 2021. Teman Bus merupakan layanan angkutan umum perkotaan dengan skema buy the service (BTS). 

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyatakan sangat mendukung kehadiran Teman Bus sebagai sarana transportasi. Menurutnya, rute yang dihadirkan Teman Bus telah menjawab permasalahan anatomi jalan Kota Makassar.

"Keempat koridor telah menjawab permasalahan jalan Kota Makassar, namun saya sarankan untuk dilakukan sosialisasi agar tidak bersinggungan dengan pete-pete dan ojek online nantinya," kata Danny, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga: KPK Siap Turun Tangan Lawan Mafia Tanah di Makassar

1. Perlu berdampingan dengan pete-pete

Kemenhub Hadirkan Layanan Teman Bus di Makassarkompasiana.com
  1. Danny mengatakan perlu ada sosialisasi awal, khususnya kepada sopir pete-pete. Menurutnya, pete-pete bisa dijadikan feeder atau angkutan pengumpan agar tetap dapat menjalankan fungsinya namun dengan penambahan fasilitas yang layak dan nyaman untuk masyarakat. 

"Harus berteman dengan pete-pete meskipun sudah hampir bangkrut, pemasukannya semakin menurun tapi kalau tidak ada pendekatan persuasif akan bermasalah meskipun mereka sudah tereduksi dengan teknologi," katanya.

2. Tersedia empat koridor

Kemenhub Hadirkan Layanan Teman Bus di MakassarIlustrasi Bus Antar Kota Antarprovinsi. (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Di Makassar, sebanyak 87 armada bus akan diturunkan untuk beroperasi mengelilingi kota. Teman Bus memiliki empat koridor dengan 261 titik yang menghubungkan tiap kampus yang ada di Kota Makassar. 

Empat koridor akan mencakup berbagai wilayah yang tidak dilewati oleh angkutan umum Kota Makassar pete-pete. Koridor tersebut yaitu Bandara-Mall Panakukang, Bandara ke Pelabuhan, Pelabuhan ke Terminal Malengkeri kemudian dari kampus Salodong menuju Politeknik di BTP.

3. Diklaim ramah untuk semua kalangan

Kemenhub Hadirkan Layanan Teman Bus di MakassarIlustrasi di dalam bus (ANTARA FOTO)

Teman Bus (Transportasi Ekonomis Mudah Aman dan Nyaman) merupakan program dari Kemenhub untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi supaya masyarakat beralih ke angkutan massal.

Bus memiliki kapasitas 20 penumpang dengan sensor yang memperingatkan ketika bus telah memenuhi kapasitas. Selain itu, bus ini juga ramah dan nyaman untuk semua kalangan baik disabilitas maupun untuk perempuan karena memiliki CCTV dan tempat khusus untuk pengguna kursi roda. 

Baca Juga: Dulu 1 April, Kenapa 9 November jadi Tanggal Ulang Tahun Makassar?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya