Comscore Tracker

Kecamatan Kepulauan Sangkarrang di Makassar Kini Nol Kasus COVID-19

Wali Kota Makassar klaim udara laut efektif mencegah COVID

Makassar, IDN Times - Kasus COVID-19 di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), saat ini nihil kasus COVID-19. Artinya, sudah tidak ada lagi warga di sana yang terpapar virus tersebut.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengklaim penyebab nol kasus di kecamatan tersebut karena mereka menghirup udara klorin dari air laut yang diklaim mampu menangkal virus Corona. 

"Ya memang kan air udara itu kan klorin. Tapi saya kira harus intens prokes juga. Makanya kenapa saya suruh isolasi di kapal karena udara klorin," kata Danny di Makassar, Jumat (6/8/2021).

1. Warga Sangkarrang tetap di-tracing

Kecamatan Kepulauan Sangkarrang di Makassar Kini Nol Kasus COVID-19Ilustrasi petugas uji swab. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menurut Danny, satgas bukannya tidak pernah mendata atau men-tracing warga di sana. Satgas tetap melacak dan memeriksa sampel swab sebagaimana prosedur di tempat-tempat lainnya. 

"Ada swabnya, tracing juga, ada Covid Hunter juga," kata Danny.

Kecamatan Sangkarrang memang merupakan wilayah kepulauan yang letaknya tak jauh dari daratan Kota Makassar. Untuk menuju ke sana, masyarakat harus menggunakan kapal atau perahu dengan waktu tempuh yang tidak lama.

Mobilitas warga di sana juga tidak seaktif di wilayah perkotaan. Kebanyakan warga beraktivitas hanya di pulau tersebut. 

2. Tercatat hanya ada 32 kasus selama pandemik

Kecamatan Kepulauan Sangkarrang di Makassar Kini Nol Kasus COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Sudah berbulan-bulan, kasus COVID-19 di kecamatan ini terus nol. Berdasarkan data Posko Induk Info COVID-19 Kota Makassar per 5 Agustus 2021, kasus terkonfirmasi positif hanya mencapai 32 kasus. 

Angka tersebut sangat jauh dibandingkan dengan kecamatan lainnya yang berada di pusat perkotaan seperti Kecamatan Rappocini dengan total 5.873 kasus. Rappocini sejauh ini merupakan kecamatan di Makassar dengan angka kasus terkonfirmasi tertinggi.

Baca Juga: Pasien Isolasi COVID-19 di KM Umsini Keluhkan Kecoak

3. Kasus COVID-19 Makassar masih fluktuatif

Kecamatan Kepulauan Sangkarrang di Makassar Kini Nol Kasus COVID-19Ilustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Sementara itu, kasus COVID-19 di Makassar masih fluktuatif. Kadang naik kadang turun. Masih menurut data yang sama, kasus di Makassar kemarin mencapai 515 kasus.

Menurut Danny, tingginya angka kasus harian karena banyaknya pasien tanpa gejala yang berkeliaran. Padahal semestinya hal itu bisa dicegah dengan tracing aktif dan isolasi terpusat.

"Sekarang saya minta pemikiran teman-teman bagaimana caranya menyadarkan OTG supaya jangan ke rumah dan jangan ke mana-mana harus Isolasi Apung, karena di rumah bisa kena orang rumah. Makanya tegas prokes ini diikuti dengan swab dan sudah jalan semua," katanya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Tambah Tempat Tidur COVID-19 di RSUD Daya

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya