Comscore Tracker

Jokowi Diagendakan Hadiri Musra II di Makassar 2 Oktober 2022

Membahas agenda kebangsaan hingga kriteria pemimpin

Makassar, IDN Times - Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan hadir dalam agenda Musyawarah Rakyat (Musra) II di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Musra II rencananya akan digelar di Celebes Convention Center (CCC) pada 2 Oktober 2022 mendatang.

Ketua Panitia Daerah Musra Sulawesi Selatan, Herwin Nini Ala, membenarkan perihal agenda Musra II itu.

"Hingga saat ini panitia pusat mengatakan masih on schedule Jokowi akan menghadiri pembukaan musra," kata Herwin saat dihubungi via telepon, Senin (26/9/2022).

1. Membahas agenda kebangsaan

Jokowi Diagendakan Hadiri Musra II di Makassar 2 Oktober 2022Presiden Joko "Jokowi" Widodo (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Musra II di Makassar nantinya, merupakan lanjutan dari Musra I di Bandung, Jawa Barat pada 28 Agustus lalu. Musra ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh kurang lebih 19 kelompok relawan Jokowi. 

Maksud dan tujuannya yakni memberikan ruang bagi publik untuk bisa ikut membicarakan nasib bangsa Indonesia ke depan. Pembahasan meliputi agenda kebangsaan, program prioritas, harapan rakyat, hingga kriteria atau karakter pemimpin yang cocok untuk menjalankan agenda dan program. 

"Baru nanti kita bicarakan juga kira-kira nama-nama yang pantas menjadi pelanjut Jokowi di 2024," kata Herwin.

2. Hasil musra dikonsultasikan dengan Jokowi

Jokowi Diagendakan Hadiri Musra II di Makassar 2 Oktober 2022Presiden Joko "Jokowi" Widodo (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Musra akan dijalankan di 34 provinsi di seluruh Indonesia namun tidak digelar serentak. Musra digelar dari bulan ke bulan dan akan berakhir di minggu kedua Maret 2023. 

Nantinya, hasil Musra ini akan dikonsultasikan kepada Jokowi. Musra ini diharapkan akan menjadi alat rekam paling jujur untuk mengetahui kehendak rakyat. 

"Dan kami yakin apa yang menjadi hasil di musra nanti itu adalah potret yang begitu terang benderang dari keinginan rakyat tentang 2024," kata Herwin.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Tol Layang Pettarani Awal Oktober

3. Forum bagi warga Makassar salurkan aspirasi

Jokowi Diagendakan Hadiri Musra II di Makassar 2 Oktober 2022Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika memberikan pengarahan ke para menteri pada 2019. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Herwin menyatakan agar Musra ini nantinya menjadi wadah bagi masyarakat Kota Makassar untuk menyalurkan aspirasinya.

"Musyawarah rakyat itu ada untuk rakyat kecil yang ingin memberikan aspirasinya secra pribadi sesuai dengan hati nuraninya. Inilah forum yang kita buat," katanya.

Baca Juga: Jokowi Direncanakan Resmikan Bendungan Karalloe di Sulsel

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya