Comscore Tracker

Holywings Makassar Ganti Nama Jadi Helen's, Apa yang Berubah?

Punya izin restoran, tidak ada izin jual alkohol

Makassar, IDN Times - Holywings Makassar berganti nama agar bisa beroperasi kembali. Pergantian nama itu diduga berkaitan dengan ribut-ribut soal promosi minuman keras untuk 'Muhammad' dan 'Maria' beberapa waktu lalu.

Holywings berganti nama menjadi Helen's. Pergantian nama itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar, Andi Zulkifli Nanda.

"Brand-nya bukan lagi Holywings. Izinnya itu keluar dari minggu lalu," kata Zulkifli melalui sambungan telepon, Rabu (17/8/2022).

1. Punya izin restoran

Holywings Makassar Ganti Nama Jadi Helen's, Apa yang Berubah?Nampak dari depan Kafe Holywings Makassar di Jl Tanjung Bunga, Sulawesi Selatan, Selasa (28/6/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Zulkifli menjelaskan merek brand atau jenama Holywings tersebut didaftarkan melalui sistem OSS. DI sistem itu, jenama yang bersangkutan terdaftar atas izin restoran dan kedai makanan dan bukan klub malam. Selama perizinan usahanya telah lengkap dan memenuhi persyaratan, maka izinnya dipastikan akan terbit. 

Dengan izin restoran, artinya Helen's hanya bisa beroperasi sesuai perizinannya yakni hanya kegiatan makan dan minum. Berbeda dengan klub malam yang menyediakan alkohol dan segala aktivitas yang berkaitan.

"Misalnya ada tempat dugem, DJ, pergelaran musik, menari, itu tidak bisa. Karena itu masuk KBLI klub malam sedangkan saya lihat di sini tidak ada klub malamnya," katanya.

2. Pemda diminta mengawasi

Holywings Makassar Ganti Nama Jadi Helen's, Apa yang Berubah?Situasi kafe Holywings Makassar saat dibubarkan Satgas Raika, Minggu [23/5/2021]. (Dok. Satpol PP Makassar)

Saat ini, kata Zulkifli, kafe tersebut hanya butuh pengawasan dari Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Hal tersebut bertujuan untuk mengawasi agar tidak ada penyalahgunaan perizinan.

Pasalnya, tak sedikit kasus di mana sebuah kafe yang berizin restoran justru sebenarnya adalah klub malam.

"Ini bukan klub malam. Diharapkan ini apakah masyarakat maupun teman-teman dari pemerintah kota dan provinsi bisa sama-sama mengawasi. Harus sesuai dengan perizinannya takutnya ada klub malam. Karena ini tidak ada klub malamnya," kata Zulkifli.

3. Akan ditegur jika menyalahi izin

Holywings Makassar Ganti Nama Jadi Helen's, Apa yang Berubah?live music di holywings (instagram.com/holywingsmedan)

Jika jenama tersebut menyalahi izin usaha, maka pihak DPMPTSP Kota Makassar akan memberikan surat teguran. Kemudian, jika masih tidak mengindahkan, barulah kafe tersebut ditutup.

"Kalau memang misalnya masih melakukan ya pasti kita akan tutup sementara, tidak bisa langsung ditutup permanen. Itu kan berproses," kata Zulkifli.

Beberapa waktu lalu, Holywings Makassar juga menutup sendiri usahanya sekaitan dengan kasus promosi minuman keras untuk 'Muhammad' dan 'Maria' beberapa waktu lalu. Namun kafe tersebut juga beberapa kali mendapat teguran karena pelanggaran.

"Memang kami di Makassar mengimbau juga supaya tutup tapi tidak ada persuratan secara administrasi karena mereka tutup sendiri. Berbeda dengan yang dulu. Memang pernah ditegur karena melanggar jam operasional," kata Zulkifli.

Baca Juga: Buntut Promo Singgung SARA, Holywings Makassar Tutup Sementara

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya