Comscore Tracker

Hari Ketiga Tes CPNS Sulsel, Total 1.136 Peserta Tidak Hadir

Peserta yang tidak hadir auto gugur tes CPNS Sulsel

Makasih, IDN Times - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemprov Sulsel telah memasuki hari ketiga pada Kamis (16/09/2021). Tes masih berlangsung di gedung Celebes Convention Center (CCC) Makassar.

Namun hingga hari ketiga tes CPNS ini, masih banyak peserta yang tidak mengikuti tes. Di hari pertama saja ada 310 peserta yang tidak datang, 386 peserta tidak ikut di hari kedua, dan 440 peserta tidak ikut di hari ketiga.

"Mereka tidak datang, ya sudah mau bagaimana lagi. Karena kita tidak bisa memaksakan, siapa tahu dia dapat pekerjaan lebih baik, karena kan menjadi PNS atau PPPK, bukan satu-satunya cara kesuksesan maupun pengabdian," ucap Sudirman saat memantau pelaksanaan tes CPNS hari ini.

1. Peserta yang tidak ikut otomatis gugur

Hari Ketiga Tes CPNS Sulsel, Total 1.136 Peserta Tidak HadirPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat memberikan motivasi bagi peserta tes CPNS di Celebes Convention Center Makassar, Kamis (16/9/2021). Humas Pemprov Sulsel

Setiap hari, ujian berlangsung dalam tiga sesi. Setiap sesi harusnya diikuti 600 peserta. Jadi, dalam sehari ujian seharusnya diikuti 1.800 peserta. Namun peserta yang hadir tak pernah sampai jumlah tersebut.

Peserta yang tidak ikut ujian sudah termasuk peserta yang terlambat, reaktif pemeriksaan COVID-19 tiga orang, selebihnya tanpa keterangan. Mereka yang tidak ikut tes karena terlambat dan tanpa keterangan otomatis dinyatakan terdiskualifikasi, sedangkan mereka yang reaktif masih bisa dijadwalkan ulang.

Sudirman menyayangkan soal masih adanya peserta yang terlambat hingga mengakibatkan terdiskualifikasi. Padahal sejak jauh hari panitia sudah mewanti-wanti supaya peserta tidak terlambat.

"Kalau yang secara teknis melanggar, panitia juga tidak boleh menerima karena hak dari pada (mereka) yang cepat datang, tepat waktu," katanya.

2. Tes CPNS berjalan lancar

Hari Ketiga Tes CPNS Sulsel, Total 1.136 Peserta Tidak HadirPara peserta seleksi CPNS Sulsel sesaat sebelum mengikuti tes SKD di CCC Makassar, Selasa (14/9/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Saat memantau tes CPNS tersebut, Sudirman melihat langsung pelaksanaan dari tahapan awal hingga pelaksanaan ujian yang menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

"Alhamdulillah berjalan lancar, tertib, sesuai prokes, ada ruang khusus untuk suhu di atas 37, kalau ada positif, ada tempat khususnya. Paling penting efisien karena bisa 10 kabupaten bergabung satu tempat," ujar Sudirman.

Dalam pelaksanaan tes CPNS 2021 tersebut, Sudirman mengingatkan bahwa Pemprov Sulsel menginginkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Karena menurutnya SDM di lingkup Pemprov Sulsel saat ini semakin baik, di mana tidak ada intervensi serta pekerjaan dengan sistem komputerisasi yang sudah kuat.

"Jadi memang kita butuh SDM yang integritas tinggi, bagaimana keterampilan dan skill yang siap jadi pelayan masyarakat," kata Sudirman.

Baca Juga: Di Foto dan Aslinya Beda, Peserta CPNS Sulsel Tak Lolos Deteksi Wajah

3. Pelaksanaan CPNS akan terus dievaluasi

Hari Ketiga Tes CPNS Sulsel, Total 1.136 Peserta Tidak HadirPara peserta seleksi CPNS Sulsel sesaat sebelum mengikuti tes SKD di CCC Makassar, Selasa (14/9/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Imran Jauzi, mengakui banyaknya peserta yang tidak hadir dalam setiap sesi. Peserta yang hadir hanya berkisar 400-an orang, padahal panitia menyiapkan 600 orang di setiap sesi.

"Target yang disiapkan dalam 600 per sesi tidak tercapai. Bagi yang ikut semangat sekali mereka, ada yang hamil masih paksa dirinya. Tapi sayangnya ada juga yang tidak semangat," kata Imran.

Imran mengaku enggan berspekulasi mengapa banyak peserta yang tidak ikut. Meski begitu, pihaknya akan terus mengevaluasi pelaksanaan SKD CPNS tahun ini. Karena secara umum juga sudah banyak perbaikan.

"Itulah kesempatan kita supaya mereka betul-betul ikut karena sudah lulus secara administratif untuk menjadi peserta, ikutlah tes. Kita senang kalau ramai orang yang ikut," katanya.

Baca Juga: Ratusan Peserta SKD CPNS Sulsel Tak Ikut Tes Hari Pertama, Auto Gugur?

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya