Comscore Tracker

Danny: Sudah 200 Pasien Mendaftar Isolasi di Kapal Umsini

Pasien baru naik kapal hari Kamis besok

Makassar, IDN Times - Kapal Umsini milik PT Pelni sebentar lagi bakal beroperasi sebagai tempat isolasi bagi pasien COVID-19 di Makassar. Sejauh ini, sudah sekitar 200 pasien tanpa gejala dan bergejala ringan yang mendaftar. 

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan, sebelumnya terdata ada sekitar tiga ribu pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Tapi setelah dicek ulang, sebagian besar pasien itu sudah sembuh.

"Yang saya terima sisa 200 sekian. Menurun terus tapi saya dapat laporan menurun itu karena ada penumpukan spesimen di lab. Takutnya saya, nanti besok lusa tiba-tiba ada yang seribu lagi," kata Danny, Selasa 27 Juli 2021.

Baca Juga: Ini Fasilitas Kapal Isolasi Apung di Makassar, Pasien OTG Bisa Mancing

1. Pemkot masih mendata pasien yang mendaftar untuk isolasi

Danny: Sudah 200 Pasien Mendaftar Isolasi di Kapal UmsiniRecover capsule di KM Umsini, tempat isolasi apung di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny memperkirakan KM Umsini mulai terisi pasien COVID-19 pada 29 atau 30 Juli 202. Saat ini pihaknya tengah mendata pasien-pasien yang telah mendaftar.

Sambil menunggu, Pemkot juga terus mematangkan persiapan dengan menggelar simulasi terkait pengantaran makanan. Begitu juga soal keamanan pasien yang akan menjalani isolasi di kapal Umsini.

"Dilatih semua, 50 orang yang dipersiapkan untuk melayani makan minum di kapal," kata Danny.

2. Danny ingin lebih persuasif mengajak warga

Danny: Sudah 200 Pasien Mendaftar Isolasi di Kapal UmsiniWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Wakilnya, Fatmawati Rusdi meninjau fasilitas kapal Umsini milik PT Pelni saat tiba di Makassar, Selasa (13/7/2021). Humas Pemkot Makassar

Menurut Danny, persoalan isolasi ini bukan soal kemauan melainkan soal kesadaran bersama untuk keluar dari pandemik COVID-19. Meski begitu, pasien COVID-19 juga tak bisa dipaksa untuk isolasi di kapal. 

Untuk itu, Danny meminta pihaknya lebih persuasif dalam mengajak warga untuk isolasi di KM Umsini.

"Makanya kita harus intenskan dan sebenarnya ini bukan persoalan mau atau tidak. Tapi secara persuasif biar yang mau saja dulu supaya nanti dia akan lihat realisasi," kata Danny.

3. Tiga kegiatan selama isolasi

Danny: Sudah 200 Pasien Mendaftar Isolasi di Kapal UmsiniTempat tidur di KM Umsini. IDN Times/Asrhawi Muin

Selama digunakan sebagai lokasi isolasi apung, KM Umsini akan berlabuh di perairan sekitar Pulau Lae-lae yang tak jauh dari daratan Kota Makassar. Untuk menuju ke sana, pasien akan dibawa dengan menggunakan kapal kecil yang disiagakan di dermaga.

Ada tiga kegiatan yang difokuskan selama masa isolasi yaitu recovery atau penyembuhan pasien COVID-19, training yakni pasien COVID-19 dibekali ilmu tentang COVID-19, dan recreation atau kegiatan menyenangkan bagi pasien supaya tidak bosan.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Kini Bisa Isolasi di Asrama Haji Makassar, Ini Caranya

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya