Danny Pomanto Setop Proyek Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar

Danny menilai proyek tersebut bermasalah

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto bersama wakilnya Fatmawati Rusdi menegaskan tidak akan melanjutkan proyek Jalan Metro Tanjung Bunga yang dicanangkan pada masa pemerintahan Rudy Djamaluddin.

Anggaran sebesar Rp210 miliar yang disiapkan akan dialihkan ke penanganan COVID-19. Danny menyampaikan hal ini saat rakor bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Kantor Wali Kota Makassar, Senin (1/3/2021).

"Tidak melanjutkan proyek Jalan Metro. Anggaran itu akan kami pakai untuk masyarakat, dalam hal ini akan kami pakai ke anggaran penanganan COVID-19 yang selama ini jauh dari maksimal. Yang selama ini tidak dirasakan oleh pemerintah," kata Danny.

1. Penyerahan Jalan Metro Tanjung Bunga ditarik kembali

Danny Pomanto Setop Proyek Jalan Metro Tanjung Bunga MakassarProyek pengembangan Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Danny meyakini bahwa ada sejumlah masalah dalam proyek tersebut. Karena itu pihaknya akan menarik kembali Jalan Metro Tanjung Bunga yang telah diserahkan ke Pemprov Sulsel.

Keputusan itu akan diambilnya setelah berdiskusi panjang dengan Prof Amiruddin Ilmar selaku anggota tim transisi yang juga merupakan pakar hukum tata negara Universitas Hasanuddin.

"Penyerahan Jalan Metro ke provinsi kami tarik kembali karena itu tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku," kata Danny.

2. Danny janji perbaiki Jalan Metro Tanjung Bunga

Danny Pomanto Setop Proyek Jalan Metro Tanjung Bunga MakassarIlustrasi kondisi jalan rusak yang berlubang ada banyak lubang-lubang kecil (IDN Times/Satriadi Rasyid)

Terlepas dari hal di atas, Danny tetap berjanji akan segera memperbaiki Jalan Metro Tanjung Bunga. Sebab jalan tersebut selalu menuai keluhan dari masyarakat lantaran kondisinya yang banyak berlubang. 

"Jadi seluruh masyarakat yang punya kepentingan dengan Jalan Metro terutama masyarakat di Tanjung Bunga, Barombong dan selatan kota insyaallah kami akan sesegera mungkin melakukan normalisasi anggaran untuk segera memperbaiki Jalan Metro," kata Danny.

Baca Juga: Pengusaha Top Hibahkan Lahan untuk Pelebaran Jalan Metro Tanjung Makassar 

3. Danny sebut ada pelanggaran hukum

Danny Pomanto Setop Proyek Jalan Metro Tanjung Bunga MakassarWali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Danny, jika dia melanjutkan proyek Jalan Metro Tanjung Bunga, maka akan menjadi masalah. Sebab dia yakin unsur pelanggaran pada proyek tersebut sudah jelas. 

Menurut Danny, alas hak jalan tersebut hingga kini juga belum jelas. Dia mengklaim itu hanya sebatas pernyataan tanpa surat resmi sebagaimana alas hak yang sesungguhnya. 

"Artinya terjadi pelanggaran hukum di situ. Kalau terjadi pelanggaran hukum, kami tidak dapat melanjutkan," kata Danny.

Baca Juga: Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar Disebut Terkendala Lahan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya