Comscore Tracker

Danny Pomanto Sesumbar akan Diusung 4 Partai di Pilkada Makassar 2020 

Danny masih enggan membocorkan partai mana saja

Makassar, IDN Times - Para bakal calon kepala daerah yang akan bertarung pada pemilihan Wali Kota Makassar 2020 mulai mencari dukungan partai politik. Salah satunya adalah Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Danny yang telah mengantongi restu dari Partai NasDem masih terus berupaya mencari dukungan dari partai lain. Dia mengaku sudah mengantongi dukungan dari partai lain namun masih enggan membocorkannya.

"Kita sudah kantongi dua partai politik, tapi nanti saja namanya, setelah ini ada dua partai lagi yang akan kita bangun komunikasi. Jadi Insyaallah ada 4 partai yang berkoalisi untuk maju nanti. Tapi hanya NasDem dulu yang bisa saya sebutkan, karena saya kan kader. Doakan saja, kita pasti bisa bertarung," kata Danny, Senin (29/6).

1. Danny berpasangan dengan Fatmawati Rusdi

Danny Pomanto Sesumbar akan Diusung 4 Partai di Pilkada Makassar 2020 Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto. IDN Times/Aan Pranata

Pada pilkada Makassar kali ini, Danny menggaet Fatmawati Rusdi yang juga kader NasDem sebagai pasangannya. Fatma merupakan istri dari Rusdi Masse yang tidak lain adalah Ketua DPW Partai NasDem Sulsel sekaligus anggota Banggar DPR RI. Fatma sebelumnya juga pernah bertarung dalam pilkada Sidrap namun gagal.

Meski demikian, keduanya juga dianggap sebagai kader terbaik NasDem. Makanya kedua figur ini dinilai sebagai pasangan yang tepat untuk saling melengkapi pada pilkada nanti.

"Mereka berdua adalah kader terbaik yang kita miliki. Rekam jejak dan juga pengalaman bertarung di yang sudah tidak diragukan lagi dan potensinya memang bagus sekali untuk mereka dipaketkan," kata Ketua DPD Partai NasDem Makassar, Andi Rachmatika Dewi alias Cicu.

Baca Juga: Pilkada Makassar: Dukungan PKB dan Tantangan untuk Deng Ical

2. Deng Ical sudah dapat tiga rekomendasi parpol

Danny Pomanto Sesumbar akan Diusung 4 Partai di Pilkada Makassar 2020 Kandidat wali kota Makassar Syamsu Rizal. IDN Times/Aan Pranata

Selain pasangan Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi (Dapa'ma), ada pula pasangan Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) yang memastikan diri akan bertarung di pilkada Makassar. 

Pasangan ini dikabarkan sudah mendapat tiga rekomendasi partai politik yakni PKB, PKS dan PDIP. Sayangnya Deng Ical, sapaan Syamsu Rizal, masih enggan berkomentar banyak. 

"Tunggu saja, nanti partai yang umumkan. Pendaftaran juga masih September. Kita mau nanti ini diumumkan saat akan mendaftar dan yang kita terima rekomendasi dalam bentuk atau format B1-KWK, karena itu syarat mendaftar," katanya.

Baca Juga: Bertarung di Pilkada Makassar, None Dapat Restu Syahrul Yasin Limpo

3. None dan Appi belum dapat dukungan parpol lain

Danny Pomanto Sesumbar akan Diusung 4 Partai di Pilkada Makassar 2020 Bakal Calon Wali Kota Makassar Irman Yasin Limpo

Dua bakal calon lainnya yang juga berencana maju yaitu Irman 'None' Yasin Limpo yang sudah mendapatkan dukungan dari PAN. None sendiri merupakan adik dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Ada pula Munafri Arifuddin yang sudah mendapatkan dukungan PPP. Munafri yang merupakan menantu bos Bosowa Aksa Mahmud ini juga merupakan lawan Danny Pomanto pada pilkada Makassar 2018 lalu.

Kedua bakal calon tersebut belum mendapatkan tambahan partai. Padahal, untuk bisa maju di Pilwalkot Makassar, bakal calon harus mendapatkan dukungan 10 kursi parlemen. Selain itu, tidak ada satu pun parpol di DPRD Makassar yang bisa mengusung sendiri calonnya, olehnya mereka harus berkoalisi. 

Baca Juga: Danny Pomanto Mengaku Jadi Sasaran Hoaks di Pilkada Makassar

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya