Cegah Virus Corona, DMI Sulsel Imbau Jaga Kebersihan Sanitasi Masjid

Jemaah yang sakit diimbau salat di rumah

Makassar, IDN Times -  Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wilayah Sulawesi Selatan menyatakan siap mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran dan penularan virus corona atau COVID-19.

Salah satu kesiapan tersebut dilakukan dengan menjaga kebersihan sanitasi lingkungan masjid dan musala untuk mencegah penyebaran virus terebut.

1. Melayangkan surat imbauan kepada para pengurus masjid

Cegah Virus Corona, DMI Sulsel Imbau Jaga Kebersihan Sanitasi MasjidIDN Times / Aan Pranata

Untuk itu, DMI Sulsel melayangkan surat imbauan dari pemimpin DMI kepada para pengurus masjid. Para pengurus diminta untuk selalu menjaga kebersihan masjid dan musala untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita akan minta kepada seluruh DMI kabupaten/kota untuk menyebarkan ke seluruh masjid di daerahnya agar dilaksanakan dengan baik," kata Ketua DMI Sulsel, Amin Syam di Makassar seperti dikutip dari Antara, Jumat (6/3).

2. Jamaah yang sakit dianjurkan salat di rumah

Cegah Virus Corona, DMI Sulsel Imbau Jaga Kebersihan Sanitasi MasjidIDN Times/Abdurrahman

Amin Syam juga menjelaskan, surat tersebut meminta pengurus masjid untuk menjaga kebersihan karpet dan alat salat serta menganjurkan warga muslim untuk membawa sendiri sajadah atau kain bersih dari   rumah sebagai alat sujud.

Selain itu, warga yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala seperti flu juga diimbau untuk melaksanakan salat di rumah saja hingga sembuh.

"Sehubungan mewabahnya virus corona, termasuk sudah ada korban dalam wilayah Republik Indonesia, maka diminta agar memantau betul penyebaran imbauan ini kepada seluruh jamaah masjid dan musala dalam wilayah saudara," demikian salah satu bunyi imbauan tersebut.

Baca Juga: Polda Telusuri Penyebar Hoaks Virus Corona di Sulsel  

3. DMI mengajak seluruh warga antisipasi virus corona

Cegah Virus Corona, DMI Sulsel Imbau Jaga Kebersihan Sanitasi MasjidGedung Infection Center di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Merebaknya wabah virus Corona sempat membuat masyarakat panik, tak terkecuali di Sulsel. Apalagi pernah beredar kabar bahwa ada warga di Sulsel yang terinfeksi virus tersebut.

Hal itu pun dibantah secara tegas oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Karenanya dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak perlu panik sebab pemerintah telah melakukan sejumlah persiapan.

"Di Makassar ini, kita tidak mengatakan ada Corona tetapi kita mengantisipasi. Makanya kita semua kompak, Pak Wali, pihak rumah sakit di seluruh Sulsel itu sudah mengantisipasi kalau ada hal-hal yang kita tidak inginkan," ucap Nurdin. 

Baca Juga: Gubernur Nurdin Pastikan RS Wahidin Siap Tangani Pasien Virus Corona

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya