Comscore Tracker

Bermasalah, Pendaftaran PPDB SD-SMP di Makassar Diperpanjang

Jadwal tahapan PPDB di Kota Makassar berubah

Makassar, IDN Times - Dinas Pendidikan Kota Makassar memperpanjang waktu pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SD-SMP tahun 2022 sampai 28 Juni 2022. Perpanjangan ini terkait adanya permasalahan sejak pendaftaran hari pertama, Senin 20 Juni 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin mengatakan sejak pendaftaran PPDB dibuka hingga saat ini, pihaknya telah menerima kurang lebih seribu aduan. Aduan itu datang dari jenjang SD maupun SMP. 

"Kami dari Dinas Pendidikan Kota Makassar, berkesimpulan bahwa ini perlu dilakukan penambahan, memperpanjang waktu sehingga kami mengatur kembali durasi perubahan," kata Muhyiddin di kantornya, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Pendaftaran PPDB SMA/SMK di Sulsel Diperpanjang hingga 24 Juni 2022

1. PPDB dikeluhkan sejak hari pertama

Bermasalah, Pendaftaran PPDB SD-SMP di Makassar DiperpanjangIlustrasi PPDB. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sebelumnya diberitakan bahwa PPDB Makassar untuk jenjang SD-SMP mengalami kendala pada hari pertama pendaftaran, Senin 20 Juni 2022. Hal ini lantas membuat masyarakat mengeluh hingga mendatangi langsung Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar di Jalan Anggrek.

Muhyiddin mengatakan pihaknya menerima aduan terkait adanya nomor induk kependudukan (NIK) ganda pada calon siswa. Ada juga perpindahan domisili yang secara tiba-tiba.

"Contohnya kami terima pengaduan bahwa anak tersebut pindahan dari Kupang. Setelah pindah di Makassar, datanya di Dapodik masih dari Kupang. Makanya saat mendaftar, titik koordinatnya di Kupang," katanya.

Disdik juga menemukan terjadinya kelambatan saat proses verifikasi dan validasi oleh pihak sekolah. Hal itu karena lantaran operator dan panitia PPDB di tingkat sekolah terlalu berhati-hati terhadap kesalahan data.

2. Masalah klasik masih terjadi

Bermasalah, Pendaftaran PPDB SD-SMP di Makassar DiperpanjangIlustrasi orang tua antarkan anak daftar ke SMP. IDN Times/Tunggul Kumoro

Masalah paling klasik yakni titik koordinat domisili calon siswa dengan yang tampil di peta laman pendaftaran tidak sesuai dengan kartu keluarga. Muhyiddin membeberkan penyebabnya karena operator PAUD dan SD di sekolah asal mereka yang menempatkan lokasi rumah di sekolah asal.

"Bahkan ada orang salah klik sehingga tercetak duluan padahal salah. Akhirnya dia minta diriset akun. Banyak minta riset akun sehingga itulah kami melakukan perpanjangan durasi pendaftaran," ujar Muhyiddin.

Dia menjelaskan, banyak permintaan perbaikan data dari masyarakat sehingga update seleksi dari sisi sistem belum bisa. Ditambah lagi, terdapat pula masalah pada database siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) dan SD yang mengikuti PPDB.

"Sehingga tingkat layanan perbaikan data masih relatif tinggi. Kemudian kemampuan masyarakat juga dalam menggunakan aplikasi belum optimal," katanya.

3. Perubahan jadwal PPDB

Bermasalah, Pendaftaran PPDB SD-SMP di Makassar Diperpanjang(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Atas permasalahan yang terjadi, Disdik akhirnya menambah durasi pendaftaran. Penambahan durasi itu membuat jadwal dan tahapan pendaftaran lainnya juga mundur.

Pada jalur zonasi yang sebelumnya dibuka pada 20 - 24 Juni 2022, kini diperpanjang hingga 28 Juni 2022. Untuk jalur non zonasi yang awalnya dimulai pada 29 Juni - 2 Juli, bergeser ke tanggal 3 - 8 Juli 2022. 

Kemudian, pengumuman untuk jalur non zonasi yang sebelumnya dijadwalkan 25 Juni 2022, berubah ke tanggal 29 Juni 2022. Lalu, dilanjutkan ke tahap pendaftaran ulang pada 29 Juni - 2 Juli 2022. 

Untuk jalur non zonasi, pendaftaran dimulai 3 - 8 Juli 2022. Kemudian pengumuman pada 9 Juli 2022, dan dilanjutkan dengan pendaftaran ulang pada 9 - 12 Juli 2022. 

Kemudian ada pula tahapan persiapan masuk sekolah pada 13 - 17 Juli 2022. Pada 18 Juli 2022, peserta didik resmi memasuki sekolah dan dilanjutkan dengan masa orientasi siswa pada 18-20 Juli 2022.

Baca Juga: Hari Kedua PPDB Online Makassar, Titik Koordinat Pendaftar Masih Kacau

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya