Comscore Tracker

3 Program Awal Danny setelah Dilantik Jadi Wali Kota Makassar, Gas Pol

Salah satunya penanganan COVID-19

Makassar, IDN Times - Moh Ramdhan "Danny" Pomanto dan Fatmawati Rusdi akan resmi menjabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar usai dilantik besok, Jumat 26 Februari 2021. Danny-Fatma bersama 10 pasangan kepala daerah lainnya bakal dilantik oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah di Baruga Karaeng Pattingalloang Rujab Gubernur Sulsel.

Danny menyatakan akan fokus pada tiga program awal setelah resmi menjabat. Pertama, penanganan pandemik. Kedua, mereformasi pemerintahan dengan melakukan pengaturan ulang sejumlah program.

"Kemudian insyaallah kami Danny-Fatma dalam rangka percepatan kami akan merestorasi Smart City kita dan infrastruktur kita," ujar Danny, Kamis (25/2/2021).

1. Akan memperkuat koordinasi dengan pemprov

3 Program Awal Danny setelah Dilantik Jadi Wali Kota Makassar, Gas PolWali Kota Makassar terpilih Moh Ramdhan Pomanto menemui Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (24/2/2021). Humas Pemprov Sulsel

Maka dari itu, lanjut Danny, dia bersama Fatma akan memperkuat koordinasi dengan Pemprov untuk membangun Kota Makassar.

"Undang-undang otonomi daerah memberikan sebuah kewajiban atas itu.  Danny-Fatma senantiasa meminta bimbingan kepada provinsi dari semua aspek karena kalau Makassar maju provinsi akan maju juga," kata Danny.

Selain itu, dia juga akan menjaga kekompakan dengan Fatma. Karena Fatma dinilainya merupakan sosok perempuan yang kemampuannya tidak dimiliki laki-laki.  

"Kota ini butuh perempuan dalam pendekatan persuasif sehingga saya kira dengan dua hal itu saya lebih banyak meminta ibu Fatma untuk membantu saya dalam banyak hal," kata Danny.

2. Tetap melanjutkan sejumlah program

3 Program Awal Danny setelah Dilantik Jadi Wali Kota Makassar, Gas PolPj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin bertemu dengan Wali Kota Makassar terpilih Moh Ramdhan Pomanto di Kantor Wali Kota Makassar, Senin (15/2/2021). IDN Times/Istimewa

Danny juga akan melanjutkan sejumlah hal yang masih berjalan di pemerintahan sebelumnya, seperti proyek pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga dan lelang jabatan. Soal Jalan Metro Tanjung Bunga, Danny mengaku tim transisi yang dibentuknya telah mengevaluasi proyek tersebut. 

"Evaluasi apa yang harus kita lanjutkan, apa yang harus kita perkuat dan apa yang harus kita buat," katanya.

Sementara soal lelang jabatan, Danny mengatakan tetap dilanjutkan sesuai kesepakatannya dengan Rudy Djamaluddin. Dia mengaku telah mengantongi tiga nama hasil lelang jabatan.

"Sudah, makanya kami menunggu tim transisi yang punya kriteria. Saya dan ibu Fatma akan melihat apa-apa yang memang cocok sesuai dengan visi-misi kami," kata Danny.

Baca Juga: Akhirnya Bertemu, Danny Pomanto dan Pj Wali Kota Bahas Lelang Jabatan

3. Danny akan pakai baju lama saat dilantik

3 Program Awal Danny setelah Dilantik Jadi Wali Kota Makassar, Gas PolCalon Wali Kota Makassar nomor urut 1, Danny Pomanto saat tiba di posko pemenangan Tim ADAMA, Rabu (9/12/2020). IDN Times/Irwan Idris

Lebih jauh Danny mengaku tak memiliki persiapan khusus menjelang pelantikan. Bahkan dia berencana mengenakan baju lamanya. 

Baginya, baju lama maupun baru tidak ada bedanya. Hal terpenting adalah tanggung jawab menjalankan pemerintahan.

"Orang tidak tahu baju lama itu atau baju baru karena ukuranya saya hari ini sama dengan ukuran baju saya dengan saat pelantikan 2013," kata Danny.

Baca Juga: Jelang Dilantik, Danny-Fatma Sowan ke Nurdin Abdullah

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya