TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dua Anjing Pelacak Siaga di Rutan Makassar Cegah Selundupan Narkoba

Jumlah barang titipan untuk tahanan meningkat saat lebaran

Anjing pelacak BNNP Sulsel bersiaga di Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Kelas 1 Makassar

Makassar, IDN Times - Rumah Tahanan Kelas 1 Makassar menyiagakan dua ekor anjing pelacak untuk memeriksa seluruh barang bawaan pengunjung untuk para tahanan.

"Pada dasarnya langkah ini merupakan bagian dari mitigasi resiko dalam pencegahan peredaran narkoba di rutan," kata Kepala Rutan Kelas 1 Makassar, Sulistyadi dalam keterangan tertulis yang diterima jurnalis, Jumat (14/5/2021).

1. Jumlah barang titipan untuk tahanan meningkat saat momen lebaran

Ilustrasi. Sidak di Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Makassar

Sulistyadi mengungkapkan, dua ekor anjing pelacak dari unit K-9 didatangkan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel. Kerja sama dengan BNNP untuk mencegah masuknya barang berbahaya itu saat momentum lebaran. 

"Pada saat hari lebaran kapasitas jumlah barang titipan meningkat drastis dibanding hari biasa. Untuk itu pengamanan dan antisipasi juga kami tingkatkan," ungkap Sulistyadi. 

Baca Juga: Lapas-Rutan di Sulsel Siapkan Kunjungan Virtual saat Lebaran

2. Anjing pelacak bersiaga selama 3 hari di rutan

Anjing pelacak BNNP Sulsel bersiaga di Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Kelas 1 Makassar

Terpisah, Kepala Bidang Berantas BNNP Sulsel Agustinus Sollu mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk pencegahan. "Rencananya anjing pelacak ini akan bersiaga selama 3 hari di dalam rutan," imbuhnya. 

Hadirnya anjing pelacak ini juga diapresiasi oleh Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto. Menurutnya, ini adalah salah satu bukti kerja sama yang baik dengan BNNP Sulsel. "Utamanya dalam pencegahan peredaran gelap narkotika di Rutan," tegasnya. 

Baca Juga: Rutan Makassar Gelar Pasar Ramadan, Jual Paket Sembako Murah

Berita Terkini Lainnya