Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung untuk Tiga Capres

Bima Arya sebut hanya panggung untuk menyampaikan gagasan

Makassar, IDN Times - Pembukaan rapat kerja nasional (rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau APEKSI XVI di Kota Makassar akan dimulai besok, Rabu 12 Juli 2023. Forum rakernas akan berlangsung di gedung pertemuan Upperhills, Jalan Metro Tanjung Bunga.

Rakernas APEKSI akan menghadirkan bakal calon presiden 2024. Dari tiga kandidat yang mengemuka dalam bursa bakal capres, dua di antaranya yaitu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dikonfirmasi akan hadir.

"Di hari kedua agendanya nanti akan ada tokoh-tokoh yang akan menyampaikan gagasannya yaitu Pak Prabowo dan Ganjar Pranowo" kata Ketua Umum APEKSI, Bima Arya saat diwawancarai di lapangan Tokka Tena Rata, Maros, Selasa (11/7/2023).

1. Anies Baswedan belum dikonfirmasi hadir

Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung untuk Tiga CapresAnies Baswedan menyapa relawan. (FOTO: Twitter/ Anies Rasyid Baswedan)

Kandidat lainnya yaitu Anies Baswedan belum dikonfirmasi kehadirannya. Bima mengatakan bahwa saat ini pihak penyelenggara masih menunggu konfirmasi kehadiran Anies.

"Mas Anies masih menunggu konfirmasi karena beliau baru pulang dari Tanah Suci tanggal 12 dini hari. Tentu kami berharap masih memungkinkan. Kami menunggu konfirmasi kehadiran beliau," kata Bima.

2. Tidak ada deklarasi capres

Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung untuk Tiga CapresKetua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau APEKSI, Bima Arya berbicara dalam kegiatan APEKSI di Maros, Sulawesi Selatan, Senin (10/7/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Sejak awal, jelas Bima, rakernas APEKSI XVI ini memang ingin memberikan ruang bagi para bakal capres untuk menyampaikan gagasannya. Pasalnya, subtansi rakernas tahun ini yakni mengusung isu-isu besar untuk bisa ditindaklanjuti capres terpilih nanti.

Kendati demikian, Bima memastikan tidak ada panggung deklarasi dalam rakernas ini. Dia menyatakan bahwa APEKSI tidak berpolitik dan hanya memberikan ruang bagi tokoh-tokoh tersebut untuk menyampaikan gagasan tentang Indonesia ke depannya di hadapan para wali kota.

"Tidak ada. APEKSI ini kan isinya berbeda partai semua. Semua warna ada di sini, semua partai ada di sini," kata Bima.

Baca Juga: Gelar Rakernas APEKSI, Danny: Buktikan Makassar Bukan Kota Tawuran

3. Diharapkan memberikan masukan bagi pembangunan

Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung untuk Tiga CapresWali Kota Makassar, Danny Pomanto, saat memberi sambutan pada pembukaan Rakernas APEKSI 2023, Senin (10/7/2023). Dok. IDN Times/Humas Pemkot Makassar

Kehadiran para tokoh kandidat bakal capres ini diharapkan memberikan dampak bagi kelanjutan pembangunan di Indonesia, khususnya perkotaan. Untuk itulah, mereka diberikan ruang menyampaikan gagasannya.

"Ke depan itu sebagian besar penduduk Indonesia ada di perkotaan atau visi tentang pembangunan kota, pembangunan manusia ini menjadi penting dan itu yang ingin kami dengarkan dari tokoh-tokoh kita," kata Bima.

Baca Juga: Youth City Changers Buka Rangkaian Rakernas APEKSI XVI di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya