Anggota Jemaah Haji Kloter 10 Debarkasi Makassar Meninggal di Pesawat

Anggota jemaah haji wafat bertambah jadi 37

Makassar, IDN Times - Seorang anggota jemaah haji Kloter 10 Debarkasi Makassar meninggal di pesawat dalam perjalanan pulang dari Arab Saudi, Selasa malam (11/7/2023). Pria bernama Ayub Yakin Zaman itu wafat sebelum mendarat di Bandara Kualanamu Medan, dalam penerbangan menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Ayub, pria kelahiran Halmahera Barat, Maluku Utara, 10 November 1949, dinyatakan meninggal pada pukul 18.40 WIB. Dia sempat mendapatkan tindakan medis di pesawat.

Baca Juga: Bea Cukai Makassar Perketat Pengawasan usai Viral Emas Jemaah Haji

1. Penyebab meninggal karena hipertensi dan anemia

Anggota Jemaah Haji Kloter 10 Debarkasi Makassar Meninggal di PesawatIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Kabar meninggalnya almarhum disampaikan petugas Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kloter 10 Debarkasi Makassar dr. Nurdhani, sesaat setelah tiba di aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar pada Rabu (12/7/2023) pukul 03.15 dini hari. Almarhum Ayub Yakin Zaman yang berusia 73 tahun dinyatakan meninggal akibat hipertensi dan anemia di penerbangan Garuda Indonesia Airways GIA-1210 tujuan Makassar.

“Riwayat penyakit almarhum hipertensi dan anemia. Almarhum sangat lemas karena tidak mau makan,” kata dr. Nurdhani.

2. Jenazah almarhum dipulangkan ke kampung halaman di Ternate

Anggota Jemaah Haji Kloter 10 Debarkasi Makassar Meninggal di PesawatIdentitas anggota jemaah haji Kloter 10 Debarkasi Makassar meninggal di pesawat dalam perjalanan pulang dari Arab Saudi. (Dok. PPIH Debarkasi Makassar)

Berdasarkan keterangan pihak masakapai Garuda, Dhanil, sesampainya di bandar udara internasional Sultan Hasanuddin Makassar, jenazah langsung dibawa ke RSUD Daya Biringkanaya Makassar. Di sana dilakukan pemulasaran jenazah.

Setelah itu jenazah diantar kembali ke bandara pada pagi hari dan langsung diterbangkan ke Ternate dengan pesawat Lion Air. Keseluruhan biaya pemulangan jenazah ditanggung oleh pihak Garuda.

3. Anggota jemaah haji wafat bertambah jadi 37

Anggota Jemaah Haji Kloter 10 Debarkasi Makassar Meninggal di PesawatJemaah haji Kloter 10 Debarkasi Makassar disambut saat tiba dari Arab Saudi. (Dok. PPIH Debarkasi Makassar)

Dengan meninggalnya almarhum Ayub Yakin Zaman, jemaah haji yang tergabung dalam kloter 10 debarkasi UPG Makassar ini berkurang menjadi 392 orang. Sebagaimana disampaikan Sekretaris PPIH embarkasi debarkasi UPG Makassar dalam prosesi penerimaan dan penyerahan jemaah haji kloter 10 kepada pemerintah daerah provinsi Malaku Utara.

“41 hari lalu diberangkatkan 393 jemaah, dan malam ini kembali 392. Salah seorang jemaah kita asal Maluku Utara dinyatakan meninggal di pesawat. Ini menambah daftar jemaah haji embarkasi Makassar yang meninggal menjadi 37 orang,” kata Sekretaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassar Wahyuddin Hakim.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Maluku Utara Abdul Karim Buamona menyampaikan bahwa jemaah haji akan langsung diterbangkan ke Ternate pada pagi hari ke Ternate dan akan diterima secara resmi oleh Gubernur Maluku Utara.

Baca Juga: Kesehatan Jemaah Haji Debarkasi Makassar Dipantau 21 Hari

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya