NasDem Sulsel Kirim Ribuan Kader ke Apel Siaga Perubahan di GBK

Kader NasDem se-Indonesia berkumpul di GBK 16 Juli 2023

MAKASSAR - Ribuan kader asal Sulawesi Selatan akan ambil bagian dalam Apel Siaga Perubahan yang digelar Partai NasDem di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Minggu, 16 Juli 2023. Apel siaga jadi ajang konsolidasi internal yang akan dihadiri kader dari seluruh Indonesia.

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Sulsel Mustaqim Musma mengatakan sejauh ini terkonfirmasi ada 2.165 kader yang akan berangkat ke Jakarta. Acara ini, katanya, akan dihadiri seluruh perwakilan kader partai NasDem dari se­luruh Indonesia.

Baca Juga: Jadi Magnit, Ramai Kader Parpol di Sulsel Pindah Nyaleg di NasDem

1. Ajang konsolidasi pemenangan partai di Pemilu 2024

NasDem Sulsel Kirim Ribuan Kader ke Apel Siaga Perubahan di GBKKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Mustaqim mengatakan, acara tersebut menjadi hajatan internal par­tai sebagai ajang konsolidasi pemenangan di Pemilu 2024. Nantinya, akan dirumuskan strategi dan upaya memenang­kan Caleg partai dan Capres di pesta demokrasi mendatang. 

Acara ini, lanjut Taqim, akan dihadiri seluruh perwakilan kader partai se­luruh Indonesia. GBK, dipastikan membiru di acara tersebut. Kemudian, di pun­cak acara, akan ada pidato politik Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan calon presiden Anies Baswedan.

"Apel Siaga jadi salah satu cara Partai NasDem menyambut pesta demokrasi sekaligus upaya memberikan pendidikan politik dan karakter. Kader NasDem dari Sulsel akan bersama-sama kader asal daerah lain membirukan GBK 16 Juli nanti," kata Mustaqim, Rabu (12/7/2023).

2. Pentingnya kehadiran kader NasDem Sulsel di apel siaga perubahan

NasDem Sulsel Kirim Ribuan Kader ke Apel Siaga Perubahan di GBKWakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Sulsel Mustaqim Musma. (Dok. Istimewa)

Mustaqim menyatakan kehadiran kader NasDem Sulsel pada Apel Siaga Perubahan sangat penting. Mengingat, perjuangan dan capaian NasDem di Sulsel dibawah komando Rusdi Masse (RMS) merupakan representasi di kawasan Indonesia Timur. Para elite DPP bahkan kerap menyebut Sulsel sebagai rumah kedua NasDem di Indonesia.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh optimistis perolehan suara pada Pemilu 2024 di Sulawesi Selatan dengan capaian maksimal melebihi dari Pemilu 2019 lalu.

"Saya harus menyatakan kepada saudara-saudara, wilayah satu-satunya yang memiliki target meningkatkan elektoral dan perolehan kursi dua kali lipat dari apa yang dicapai hasil Pemilu 2019," kata Surya Paloh saat membuka orientasi dan Bimtek Bakal Caleg di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 22 Juni 2023.

3. Surya Paloh mengecek kesiapan NasDem menghadapi Pemilu 2024

NasDem Sulsel Kirim Ribuan Kader ke Apel Siaga Perubahan di GBKKetua DPD NasDem Sulawesi Selatan, Rusdi Masse di Jalan Sehat Restorasi NasDem Kabupaten Pangkep, Minggu (11/12/2022). Dok. IDN Times/Humas NasDem Sulsel

Partai NasDem bakal menggelar konsolidasi internal para kadernya pada Apel Siaga Perubahan di Stadion GBK, Minggu, 16 Juli 2023. Sekitar 200 ribu kader dari seluruh wilayah Indonesia akan ikut hadir.

Ketua DPP Partai NasDem, Sugeng Suparwoto mengatakan acara tersebut bakal dipimpin oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dan bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan. Keduanya akan menyampaikan pidato politik. Namun, Sugeng tak menyebut apakah momen tersebut akan dimanfaatkan oleh Anies untuk mengumumkan bakal cawapresnya. 

"Kegiatannya apa? Kegiatannya adalah menunggu arahan baru Pak Ketum dalam hal ini Pak Surya. Ada juga pidato dari Anies sebagai capres," ungkap Sugeng di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (5/7/2023). 

Ia menambahkan acara tersebut digelar untuk menyiapkan seluruh kader NasDem menghadapi Pemilu 2024. "Kami perlu mengecek istilahnya Pak Surya bagaimana mengecek kesiapan kita menghadapi pemilu yang tinggal 8 bulan ini. Kegiatan akan diadakan di GBK pada 16 Juli 2023," tutur dia. 

Baca Juga: NasDem Kumpulkan Kader di GBK 16 Juli, Ada Pengumuman Cawapres?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya