Jokowi Batal Membuka Rakernas APEKSI di Makassar

Rakernas APEKSI berlangsung hingga Jumat, 14 Juli 2023

Makassar, IDN Times - Presiden Joko Widodo tidak hadir pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI APEKSI di Makassar, hari ini, Rabu (12/7/2023). Panitia sebelumnya menjadwalkan kedatangan presiden, namun belakangan tidak menerima kofirmasi kedatangan Jokowi.

Hal ini disampaikan Ketua Umum APEKSI, Bima Arya, saat diwawancarai di sela-sela kegiatan Youth City Changers di Tokka Tena Rata, Maros, Selasa (11/7/2023)

"Sampai saat ini konfirmasi dari Bapak Presiden belum kami terima," kata Bima.

Baca Juga: Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung untuk Tiga Capres

1. Presiden diwakili Sekjen Mendagri

Jokowi Batal Membuka Rakernas APEKSI di MakassarSuasana pembukaan Rakernas APEKSI 2023 di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Senin (10/7/2023). Dok. IDN Times/Humas Pemkot Makassar

Bima mengaku paham dengan ketidakhadiran Jokowi. Pasalnya, Jokowi memiliki jadwal yang memang padat sehingga tidak sempat hadir pada pembukaan rakernas APEKSI XVI di Makassar ini.

"Kami memahami kalau beliau ada agenda lain," katanya.

Bima menyebut Presiden Jokowi yang berhalangan hadir diwakili oleh Sekjen Menteri Dalam Negeri, Suhajar, untuk membuka kegiatan Rakernas XVI APEKSI 2023.

2. Ganjar dan Prabowo hadir dalam forum

Jokowi Batal Membuka Rakernas APEKSI di MakassarKetua APEKSI, Bima Arya saat menjawab pertanyaan jurnalis di Makassar, Selasa (11/7/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Bima juga memastikan kehadiran tokoh nasional Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto untuk hadir pada forum rakernas hari kedua. Kedua figur ini juga merupakan tokoh kandidat bakal capres.

Mereka akan menyampaikan gagasannya dalam forum ini. Pasalnya, subtansi rakernas tahun ini yakni mengusung isu-isu besar untuk bisa ditindaklanjuti capres terpilih nanti.

"Di hari kedua agendanya nanti akan ada tokoh-tokoh yang akan menyampaikan gagasannya yaitu Pak Prabowo dan Ganjar Pranowo" kata Bima.

3. Anies Baswedan belum konfirmasi hadir

Jokowi Batal Membuka Rakernas APEKSI di MakassarMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Kandidat lain yang awalnya direncanakan untuk datang yaitu Anies Baswedan. Namun Anies juga belum dikonfirmasi kehadirannya. Bima mengatakan bahwa saat ini pihak penyelenggara masih menunggu konfirmasi kehadiran Anies.

"Mas Anies masih menunggu konfirmasi karena beliau baru pulang dari Tanah Suci tanggal 12 dini hari. Tentu kami berharap masih memungkinkan. Kami menunggu konfirmasi kehadiran beliau," kata Bima.

Baca Juga: Rakernas APEKSI, Bima Arya Dorong Pemerintah Kota Aktif Berkolaborasi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya