Penjemput Jemaah Haji Plus Bikin Keributan di Bandara Hasanuddin

Polisi menangkap satu orang dari lokasi keributan

Makassar, IDN Times - Sebuah video beredar di media sosial menunjukkan keributan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Sulawesi Selatan, Selasa malam (11/7/2023). Diketahui keributan itu melibatkan penjemput jemaah haji plus dengan petugas bandara.

Dalam video pendek berdurasi 22 detik, terlihat keributan terjadi di dekat pintu kedatangan Bandara Sultan Hasanuddin. Keributan berlanjut hingga ke basement.

Perisitiwa itu dibenarkan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kawasan Bandara Sultan Hasanuddin, Iptu Muhammad Arsyad saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (12/7/2023).

"Memang benar ada keributan, ramai karena penjemput haji plus dan petugas Avsec (Bandara) saling dorong dan berujung pada saling tendang dan pukul," kata Arsyad via sambungan telepon.

Baca Juga: Anggota Jemaah Haji Kloter 10 Debarkasi Makassar Meninggal di Pesawat

1. Polisi tangkap satu orang dari lokasi kejadian

Penjemput Jemaah Haji Plus Bikin Keributan di Bandara HasanuddinTangkapan foto dari video keributan antara penjemput jemaah haji plus dan petugas Avsec Bandara Hasanuddin. (Istimewa)

Menurut penyelidikan sementara, Arsyad menduga keributan dipicu salah seorang di antara penjemput jemaah haji. Dilaporkan, ada satu orang yang menendang petugas Avsec bandara sehingga terjadi saling dorong.

"Karena diduga ada aksi (tendangan) dari seorang penjemput maka terjadi saling dorong dan terjadi keributan itu. Anggota sudah mengamankan satu orang yang diduga jadi provokasi itu," terangnya.

2. Polsek Bandara sudah terima laporan korban

Penjemput Jemaah Haji Plus Bikin Keributan di Bandara HasanuddinProyek pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (dok. Angkasa Pura I)

Akibat kejadian ini, anjut Iptu Muhammad Arsyad, petugas Avsec bandara berinisial RP sudah melaporkan kasus tersebut di Polsek Kawasan bandara. Korban juga diminta untuk melakukan visum di rumah sakit.

"Sedangkan terduga pelaku (AD) yang diduga melakukan penganiayaan itu sudah diamankan dan masih kita tahan untuk proses hukum lebih lanjut," jelas Arsyad.

3. Pihak bandara sebut penjemput tidak mau diarahkan oleh petugas

Penjemput Jemaah Haji Plus Bikin Keributan di Bandara HasanuddinBandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 16 April 2021. IDN Times/Irwan Idris

elation Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Iwan Risdianto juga mengonfirmasi kejadian itu. Dia mengatakan keributan bermula saat petugas Avsec mengimbau penjemput agar turun ke area basement.

"Diimbau agar mereka para penjemput untuk menunggu keluarganya di basement saja, area yang memang diperuntukkan untuk penjemputan haji dan umroh. Tapi penjemput menolak diarahkan," kata Iwan.

"Tapi kejadian ini kan sudah ditangani pihak berwajib jadi kita serahkan sepenuhnya. Dan tidak ada juga dampak serius dari kejadian ini dan siituasi sudah kembali normal," dia menambahkan.

Baca Juga: MUI Sulsel Mengimbau Jemaah Haji Tidak Pamer Emas saat Pulang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya