Bima Arya sampaikan Tiga Pesan Penting di Rakernas APEKSI

Pembangunan di daerah harus tetap berjalan di tahun politik

Makassar, IDN Times - Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (APEKSI) Bima Arya menyebut Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI yang digelar di Makassar bukan sekadar seremonial. Lebih jauh dari sekadar tari ekspresi dan seni, Rakernas APEKSI jadi tempat berkolaborasinya aspirasi.

Rakernas XVI APEKSI resmi dibuka di pperhills Convention Center, Makassar, Rabu (12/7/2023). Rakernas diikuti 88 wali kota se-Indonesia.

Bima Arya mengungkapkan ada tiga pesan penting yang kana dibahas dalam rapat kerja hingga Jumat (14/7/2023). Pertama, APEKSI harus konsisten mengawal otonomi daerah yang bertujuan untuk menciptakan kemakmuran warga. Kedua, optimisme menuju persiapan Indonesia emas 2045.

“Kita harus optimis masuk 5 besar terbaik di dunia pada saat 2045. Kita persiapkan anak-anak kita sebaik mungkin sejak dini,” kata Bima Arya.

Baca Juga: Dibuka, 88 Wali Kota Hadiri Rakernas XVI APEKSI di Makassar

1. Pembangunan harus tetap berjalan di tahun politik

Bima Arya sampaikan Tiga Pesan Penting di Rakernas APEKSISebanyak 88 wali kota se-Indonesia menghadiri Rakernas XVI APEKSI di Makassar yang dibuka, Rabu (12/7/2023). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Pesan ketiga, kata Bima Arya, adalah pembangunan di seluruh pelosok daerah tetap harus berjalan di tengah tahun politik. Dia berharap para anggota APEKSI mengawal pembangunan di daerahnya.

“Saya harap meski tahun politik kita harus mengawal pembangunan daerah yang tetap terkordinasi dengan pusat. Pembangunan tidak boleh terhambat karena politik,” ucapnya.

Senada, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto selaku tuan rumah mengungkapkan bahwa konsep panggung APEKSI sengaja dibuat melingkar. Itu menandakannya selaras dengan slogan APEKSI yakni duduk bersama membangun sinergi untuk indonesia.

“Dan kenapa seluruh Wali Kotanya di belakang dan di depan para tamu? Itu menandakan Wali Kota sebagai pemimpin yang mendahulukan masyarakat dari pada dirinya sendiri. Jadi semua punya makna. Itulah kegiatan APEKSI,”kata Danny.

2. Bima Arya puji tuan rumah

Bima Arya sampaikan Tiga Pesan Penting di Rakernas APEKSIWali Kota Bogor Bima Arya (IDN Times/Kevin Handoko)

Bima Arya mengatakan, dia sudah berada empat hari di Kota Makassar untuk mengikuti seluruh rangkaian Rakernas XVI APEKSI. Selama itu, Wali Kota Bogor itu berkeliling Makassar dan merasa sangat nyaman. Dia menyebut kota bisa nyaman karena keahlian dan inovasi-inovasi Wali Kotanya.

“Pak Danny Pomanto, pemimpin yang selalu spektakuler. Kalau buat acara dia mampu menyajikan hal-hal yang keren. Saya sudah empat hari di sini. Mulai lokasi kegiatan dan sajian makanan di Kota Makassar sungguh luar biasa,” ucapnya.

3. APEKSI forum mempersiapkan pemimpin masa depan

Bima Arya sampaikan Tiga Pesan Penting di Rakernas APEKSIRakernas XVI Apeksi dibuka di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/7/2023). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Pembukaan Rakernas XVI APEKSI ditandai penabuhan gendang oleh Sekretaris Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam, Ketua Umum APEKSI Bima Arya, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hajar Diantoro. Lalu Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Wali Kota Makassar selaku tuan rumah Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Danny menyampaikan bahwa Rakernas APEKSI ini menjadi platform penting bagi para pemimpin kota untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan mencari solusi inovatif dalam menghadapi tantangan perkotaan yang semakin kompleks.

Karena itu, momentum Rakernas APEKSI ini juga bakal menghadirkan sosok-sosok calon pemimpin Indonesia untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ke depan dalam mencapai tujuan bersama.

"Pemimpin terbaik adalah yang mempersiapkan pemimpin berikutnya. Maka bagaimana pemuda mampu menjadi tokoh-tokoh perubahan mulai hari ini akan menjadi pemimpin di masa depan," kata Danny.

Baca Juga: Rakernas APEKSI, Bima Arya Dorong Pemerintah Kota Aktif Berkolaborasi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya