TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

JK Menilai Makassar Tak Cocok Punya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Kata JK modal untuk membuat pupuk kompos lebih murah

IDN Times/Ashrawi Muin

Makassar, IDN Times - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla atau JK, melakukan kunjungan kerja di Makassar, pada Minggu (6/10). Kesempatan tersebut digunakan JK untuk bersilaturahmi dengan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, serta jajaran Forkopimda tingkat Kota Makassar.

Dalam pertemuan dengan suasana formal namun santai di rumah jabatan Wali Kota itu, JK memberikan banyak arahan, terkhusus kepada Pemerintah Kota Makassar. JK mengharapkan agar Kota Makassar menjadi kota yang bersih, mengingat letaknya yang strategis sebagai pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia.

"Kita harapkan Makassar menjadi kota yang bersih," kata JK dalam sambutannya.

1. JK sebut sampah di Makassar lebih baik dijadikan pupuk kompos

IDN Times/Asrhawi Muin

Dalam hal penanganan sampah, JK menyebut agar sampah-sampah yang ada di Makassar sebaiknya dijadikan sebagai pupuk kompos dibandingkan dengan memanfaatkan sampah sebagai bahan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Pasalnya, kata JK, biaya untuk pembuatan pupuk kompos dinilai jauh lebih murah dibandingkan dengan anggaran pengadaan teknologi pembangunan PLTSa.

"Kalau masalahnya soal sampah sebaiknya jadikan saja kompos. Banyak yang berpikir untuk menjadikan listrik tapi itu cukup mahal. Tidak pernah bisa visible. Yang visible itu ketika menjadi pupuk," kata JK.

Baca Juga: Pemkot Makassar Tambah 127 Kendaraan Pengangkut Sampah    

2. Makassar belum cocok bangun PLTSa

IDN Times/Asrhawi Muin

Selain itu, JK juga mengatakan pupuk kompos bisa lebih berhasil dalam hal penanganan sampah dibanding dengan PLTSa. Di negara lain saja, kata dia, PLTSa jarang bisa berhasil karena memakan biaya yang cukup mahal.

"Jadi jangan berpikir itu (PLTSa). Kota sebesar Makassar ini rasanya tidak akan berhasil kembangkan pembangkit listrik tenaga sampah. Jadi lebih baik dibuat kompos dan listrik dibuat dari tenaga lain. Itu juga jauh lebih mudah dan gampang dibuatnya. Itulah harapan saya. Terima kasih sudah bekerja sama selama ini," JK menerangkan.

Baca Juga: Pemkot Makassar Larang Peternakan Babi di Jalan Haji Kalla  

Berita Terkini Lainnya