Sandiaga Dorong Pengusaha Muda di  Makassar Berinovasi

Menparekraf beri motivasi dan bantuan usaha untuk anak muda

Makassar, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraft) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para wirausaha muda di Kota Makassar terus berinovasi. Anak muda bisa mendukung percepatan pembangunan di Indonesia yang berorientasi ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga Uno saat bertemu dengan puluhan wirausaha muda di Bikin-Bikin Creative Hub, Nipah Mal, Makassar, Rabu malam (12/7/2023).

"Tadi saya membagi tips, mereka ini harus berinovasi, beradaptasi dan berkopaborasi agar fokus kita percepatan pembangunan yang berorientasi ekonomi ini bisa dapat menciptakan lapangan kerja," ungkapnya.

Baca Juga: Sandiaga Resmikan Lantebung Makassar Masuk Daftar Desa Wisata Terbaik

1. Sandiaga beri motivasi dan beasiswa modal usaha

Sandiaga Dorong Pengusaha Muda di  Makassar BerinovasiMenparekraf Sandiaga Uno. (IDN Times/Dahrul Amri)

Sandiaga Uno juga memotivasi wirausaha muda agar bersama-sama pemerintah menjaga biaya hidup masyarakat terjangkau. "Tugas mensejahterakan Indonesia bisa kita pikul bersama dengan anak-anak muda," terang Sandiaga.

Selain memberikan tips-tips dan motivasi, Sandiaga Uno juga memberikan bantuan dana usaha kepada wirausaha muda. Beasiswa diberikan kepada sepuluh orang terpilih. 

"Kita harap dengan bantuan itu bisa bangkit terus usaha dan ekonomi masyarakat, karena selama ini ada dorongan tapi terbentur pada modal usaha, tapi tadi modalnya sudah diberikan langsung dari Sandination," lanjutnya.

2. Sandiaga sebut literasi digital penting untuk peluang usaha

Sandiaga Dorong Pengusaha Muda di  Makassar BerinovasiMenparekraf Sandiaga Uno hadir pada pelatihan digitalpreneurship untuk generasi muda di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu malam (12/7/2023). (IDN Times/Dahrul Amri)

Sandi turut mengekankan pentingnya literasi digital dalam mengeksplorasi peluang usaha. Dia mendorong generasi Z dan milenial agar memanfaatkan dunia digital dalam mengembangkan usahanya.

"Karena ini juga salah satu cara kita untuk mendorong biar literasi digital bukan hanya mendapat kemampuan komunikasi sosial saja, tapi juga bisa menciptakan peluang-peluang usaha dan membuka lapangan-lapangan kerja baru," ucapnya.

3. Sandi optimistis pembukaan 4,4 juta lapangan kerja tercapai

Sandiaga Dorong Pengusaha Muda di  Makassar BerinovasiMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. (dok. Kemenparekraf)

Sandi mengingatkan anak muda agar selalu bekerja keras, tuntas, cerdas, dan ikhlas. Empat hal itu dianggap bisa membantu dalam mengambil peluang usaha. 

"Jadi dengan melihat banyaknya usaha-usaha dan kreatifitas anak muda, tentunya saya sangat optimis karena mereka bisa membuka lapangan kerja jadi tidak lagi mencari pekerjaan. Ini adalah generasi Indonesia emas, dan soal target 4,4 juta lapangan kerja saya optimis bisa dengan melihat usaha ini," kata Sandiaga.

Baca Juga: Rakernas APEKSI, Perputaran Uang di Makassar Ditaksir Puluhan Miliar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya