Anies, Ganjar, dan Prabowo Unjuk Gagasan kepada 88 Wali Kota

Rakernas APEKSI di Makassar beri panggung kandidat capres

Makassar, IDN Times - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (APEKSI) di Makassar menghadirkan tiga kandidat calon presiden 2024. Mereka adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Prabowo, Ganjar, dan Anies dijadwalkan menyampaikan gagasannya di hadapan wali kota se-Indonesia, pada rangkaian sidang pleno Rakernas, di Upperhills Convention Center, Makassar, hari ini, Kamis (13/7/2023).

"Jadi tokoh-tokoh ini akan menyampaikan gagasannya di hadapan seluruh wali kota peserta APEKSI," kata Ketua Umum APEKSI Bima Arya, Rabu (12/7/2023).

Rakernas APEKSI di Makassar dihadiri 88 wali kota se-Indonesia. Rangkaian Rakernas digelar selama empat hari hingga Jumat (14/7/2023).

Baca Juga: Rakernas APEKSI, Para Wali Kota Hadapi Tantangan Urbanisasi

1. Para kandidat capres tidak tampil satu panggung

Anies, Ganjar, dan Prabowo Unjuk Gagasan kepada 88 Wali KotaMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Ketiga tokoh tersebut telah dikonfirmasi hadir untuk menjadi pembicara dalam sidang pleno Rakernas APEKSI Namun tidak seperti yang direncanakan di awal yakni mereka akan berada dalam satu panggung, ketiganya justru akan tampil secara terpisah.

Meski begitu, ketiga tokoh ini direncanakan akan menyampaikan gagasannya masing-masing perihal membangun kota di masa yang depan.

2. Bukan panggung deklarasi politik

Anies, Ganjar, dan Prabowo Unjuk Gagasan kepada 88 Wali KotaGanjar Pranowo Ganjar didampingi Ketua Panitia Safari Politik Ganjar Pranowo ke Sumut, Paul Baja M Siahaan meresmikan rumah pemenangan di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Walaupun APEKSI memberikan panggung bagi ketiga tokoh untuk menyampaikan gagasan, namun Bima menegaskan bahwa tidak ada panggung untuk deklarasi politik. Rakernas ini menghadirkan semua perwakilan parpol.

"APEKSI tidak berpolitik tapi saya kita satu pendidikan politik yang baik bagaimana para tokoh ini bisa menyampaikan gagasannya di depan seluruh wali kota," katanya.

3. Diharapkan bawa visi pembangunan kota masa depan

Anies, Ganjar, dan Prabowo Unjuk Gagasan kepada 88 Wali KotaMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto/pri.)

Bima berharap kehadiran ketiga bakal capres mampu membawa visi pembangunan kota di masa depan. Terlebih lagi, ke depannya sebagian besar penduduk Indonesia akan bermukim di wilayah perkotaan.

"Jadi visi pembangunan kota, pembangunan manusia dan ini yang ingin kami dengarkan dari tokoh-tokoh kita," katanya.

Baca Juga: Bima Arya sampaikan Tiga Pesan Penting di Rakernas APEKSI

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya