Ditanya soal Pembangunan IKN, Anies Baswedan: Ada Masalah?

Anies hadiri Raleenas APEKSI di Makassar

Makassar, IDN Times - Anies Baswedan menyampaikan gagasan tentang pembangunan dan pemerintahan, dalam diskusi panel yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau APEKSI di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023). Salah satu yang disinggung Anies ialah pembangunan Ibu kota negara (IKN) Nusantara, yang dicanangkan rezim Presiden RI, Joko “Jokowi” Widodo.

Menyinggung IKN, Anies dengan diplomatis mengatakan, sesuatu yang direncanakan dengan baik dan memiliki dasar yang kuat, maka tidak perlu intervensi politik untuk diwujudkan. Namun, ketika rencana pembangunan IKN tidak jelas manfaatnya, maka kemungkinan ada masalah besar.

“Bila ini (IKN) ada masalah, saya juga heran kenapa ini sering ditanyakan, ya? Ada masalah ya,sebetulnya?,” kata Anies.

1. Anies ajak evaluasi kebijakan pemerintahan Jokowi

Ditanya soal Pembangunan IKN, Anies Baswedan: Ada Masalah?Anies Baswedan di kegiatan Apeksi/Irwan Idris

Dalam pemaparannya, Anies menyampaikan empat hal penting untuk mendorong pemerintahan ke depan berjalan efektif dan berdampak positif bagi masyarakat luas. Pertama, kata Anies di hadapan sekitar 88 wali kota se-Indonesia, seluruh kebijakakan pemerintah saat ini harus dievaluasi.

“Bantu kami rumuskan apa hal yang harus diteruskan dari kebijakan (pemerintah pusat) sekarang. Kedua, apa yang harus dikoreksi dari kebijakan sekarang,” ucap Anies.

2. Anies pertanyakan kebijakan pemerintah

Ditanya soal Pembangunan IKN, Anies Baswedan: Ada Masalah?Anies Baswedan di kegiatan Apeksi/Irwan Idris

Selanjutnya, menurut Anies, setiap pihak harus bisa mengevaluasi kebijakan-kebijakan yang sebaiknya dihentikan atau tidak dilanjutkan.

“Apa yang harus dihentikan dari kebijakan sekarang dan keempat hal baru apa yang harus kita buat sama-sama," Anies menerangkan.

Menurut Anies, pemerintah pusat saat ini cenderung menetapkan kebijakan secara menyeluruh tanpa mempertimbangkan kebutuhan masing-masing daerah.

"Kami tidak ingin model top down lagi. Republik ini dibangun dengan semangat gotong royong. Sudah seharusnya kita lanjutkan pembangunan pembangunan dengan semangat gotong royong," jelasnya.

3. APEKSI hadirkan tiga bacapres

Ditanya soal Pembangunan IKN, Anies Baswedan: Ada Masalah?Ganjar Pranowo Ganjar didampingi Ketua Panitia Safari Politik Ganjar Pranowo ke Sumut, Paul Baja M Siahaan meresmikan rumah pemenangan di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Rakernas APEKSI di Makassar menghadirkan bakal calon presiden 2024. Tiga kandidat yang mengemuka dalam bursa bakal capres, yaitu Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo diberi panggung dalam diskusi panel.

Mereka menyampaikan gagasan masing-masing terkait pembangunan, pemerintahan, dan visi kebijakan masing-masing.

Baca Juga: Di APEKSI, Ganjar Pranowo Ungkap Ingin Teruskan Program Jokowi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya