TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tim Anti-Genangan di Kota Makassar Siaga Banjir 24 Jam

Fokus memantau luapan di saluran drainase

IDN Times / Aan Pranata

Makassar, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menurunkan tim Anti-Genangan pada puncak musim hujan Desember 2018 hingga Januari 2019. Tim dikerahkan untuk mengantisipasi genangan banjir di saat curah hujan tinggi.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Kunjungi Lokasi Banjir di Kabupaten Barru

1. Tim memantau saluran drainase

IDN Times/Vanny

Humas Dinas PU Kota Makassar, Hamka Darwis, mengatakan bahwa tim Anti-Genangan berfokus memantau saluran drainase. Mereka bertugas terutama pada jalan-jalan yang selama ini rawan tergenang saat hujan.

Tim tersebut akan memantau titik genangan, mencari tahu penyebab, dan secepat mungkin mengatasinya. Salah satu penyebab umum genangan, biasanya akibat penyumbatan sampah pada saluran drainase. "Tim ini akan stand by selama 24 jam penuh. Tim ini bergerak cepat demi kenyamanan bagi warga Makassar," kata Hamka, Sabtu (29/12).

2. Tiga titik utama jadi perhatian

twitter.com/diskominfoMKS

Hamka mengungkapkan, tim Anti-Genangan disiagakan untuk memantau drainase pada titik utama yakni di Jalan AP Pettarani, Jalan Sultan Hasanuddin, dan Jalan Anggrek. Pada siang hari, tim menerjunkan 22 personel, sedangkan di malam hari tim dengan jumlah personel lebih sedikit yang disiagakan bergantian.

Selain titik utama, Dinas PU juga mengantisipasi jalan lain yang berpotensi tergenang saat puncak musim hujan. Titik ini berada di sekitar pusat kota, seperti Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Nusantara, Jalan Penghibur, dan Jalan Haji Bau.

"Di titik lain akan disiagakan 15 personel," Darwis menambahkan.

Baca Juga: Wali Kota Danny Tetapkan Status Makassar Siaga Banjir  

Berita Terkini Lainnya