Hasil Rekomendasi Rakernas XVI APEKSI Diserahkan kepada Tiga Bacapres

Diharapkan jadi pertimbangan bagi Presiden RI mendatang

Makassar, IDN Times - Ketua Umum APEKSI Bima Arya bersama Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyerahkan hasil rekomendasi Rakernas APEKSI XVI kepada tiga bakal calon presiden (bacapres). Penyerahan itu berlangsung di Upperhills Convention Hall Kota Makassar, Kamis (13/07/2023).

Rakernas ini menghasilkan sejumlah rekomendasi untuk pembangunan kota di masa depan. Tiga bacapres yang menerima rekomendasi tersebut adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. 

"Kami ingin menyerahkan gagasan dari seluruh kota-kota di Indonesia, ini kami kirimkan ke bapak Presiden Jokowi dan Menteri terkait, tapi kami kirimkan juga kepada calon pemimpin negeri termasuk Mas Ganjar," kata Bima Arya.

1. Tiga bacapres sampaikan gagasan

Hasil Rekomendasi Rakernas XVI APEKSI Diserahkan kepada Tiga BacapresAnies Baswedan menerima hasil rekomendasi rakernas XVI APEKSI di Upperhills Convention Center Makassar, Kamis (13/7/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Sebelum menerima hasil rekomendasi itu, masing-masing bacapres tersebut lebih dulu diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya terkait tantangan Indonesia di masa depan. Mereka menyampaikan gagasan secara bergantian dalam forum diskusi bertajuk 'Visi Kota untuk Pemimpin Negeri'.

Ada beberapa rekomendasi yang diusulkan dari 6 wilayah APEKSI. Di antaranya yaitu wilayah V merekomendasikan penataan Ibu Kota Negara (IKN) di Pulau Kalimantan. Kemudian rekomendasi di wilayah I mulai dari smart city, stunting, inflasi, dana kelurahan, hingga tenaga honorer.

Ada tiga konsentrasi yang dibahas dalam rakernas ini. Ketiga hal itu adalah fokus mengawal otonomi daerah, merebut Indonesia Emas 2045 dengan melibatkan pemuda melalui event Youth City Changers, dan pembangunan di kota harus tetap berlanjut di tahun politik.

2. Tiga bacapres diharapkan bawa visi pembangunan kota masa depan

Hasil Rekomendasi Rakernas XVI APEKSI Diserahkan kepada Tiga BacapresMenteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima hasil rekomendasi rakernas XVI APEKSI di Upperhills Convention Center Makassar, Kamis (13/7/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Bima berharap kehadiran ketiga bacapres itu mampu membawa visi pembangunan kota di masa depan. Terlebih lagi, ke depan sebagian besar penduduk Indonesia akan bermukim di wilayah perkotaan.

"Jadi visi pembangunan kota, pembangunan manusia dan ini yang ingin kami dengarkan dari tokoh-tokoh kita," kata Bima.

Melalui forum ini, APEKSI ingin memastikan bahwa pembangunan harus tetap berlanjut meskipun tahun politik. APEKSI juga berharap pemilu 2024 berjalan dengan damai. 

Baca Juga: Rakernas APEKSI, Perputaran Uang di Makassar Ditaksir Puluhan Miliar

3. Rekomendasi diharapkan jadi pertimbangan bacapres

Hasil Rekomendasi Rakernas XVI APEKSI Diserahkan kepada Tiga BacapresSejumlah hasil rekomendasi rakernas XVI APEKSI ditampilkan di Upperhills Convention Center Makassar, Kamis (13/7/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Karena alasan inilah APEKSI memberikan panggung kepada seluruh kandidat bacapres untuk menyampaikan gagasannya. Untuk saat ini, ketiga tokoh tersebutlah yang mengemuka dalam bursa capres.

Hasil rekomendasi seluruh wali kota itu diharapkan menjadi pertimbangan bacapres dalam menentukan kebijakan saat menjadi pemimpin Indonesia nantinya. 

"Kami ingin menyerahkan gagasan dari seluruh kota-kota di Indonesia, ini kami kirimkan ke bapak Presiden Jokowi dan Menteri terkait, tapi kami kirimkan juga kepada calon pemimpin negeri," katanya.

Baca Juga: Di APEKSI, Ganjar Pranowo Ungkap Ingin Teruskan Program Jokowi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya